Kades Batumetoru Optimis Wujudkan Percepatan Pembangunan di Wilayahnya

PASANGKAYU, FMS – Kepala Desa (Kades) Batumetoru, Kecamatan Lariang, Kabupaten Mamuju Utara (Matra) Moh Said Sunusi, optimis mampu mewujudkan percepatan pembangunan di wilayahnya. Terlebih dengan adanya kucuran dana pembangunan dari Pemerintah Pusat dan Daerah melalui program alokasi dana desa (ADD) dan dana desa (DD).

Moh Said dalam memimpin pemerintahan di Desa Batumetoru selama kurun waktu tiga bulan ini, ternyata tak hanya sebatas memprogramkan pembangunan dibidang infrastruktur, namun bidang pertumubuhan ekonomi masyarakat juga telah menjadi programnya. 

“Kami yakin dengan dana desa yang begitu besar, percepatan pembangunan untuk desa khususnya Desa Batumetoru akan bisa lebih cepat untuk menumbuhkembangkan embrio perekenomian masyarakat,” katanya, saat ditemui di ruang kerjanya, Jumat (30/9).  

Dijelaskannya, anggaran DD Tahap I tahun 2016 ini telah direalisasikan untuk pembangunan jembatan kompleks kantor desa, peningkatan jalan desa sepanjang 600 meter, serta peningkatan jalan di Dusun Lariang sepanjang 504 meter.

Kemudian, pembangunan plat dewker serta pembukaan jalan tani di Dusun Pelosu sepanjang 700 meter. Dan untuk program non fisik adalah, pemberdayaan kader posyandu sebanyak 10 orang serta pemberdayaan Paud selama satu tahun ini.

Selanjutnya, pada 2017 mendatang pihaknya juga akan memprogramkan pembangunan MCK terpadu sebanyak 100 unit dengan sitem partisipasi masyarakat, peningkatan jalan sepanjang 10 km yang tersebar di empat dusun, pengecoran/rabat beton sepanjang satu kilo meter.

"Yang pada kesimpulannya, bahwa dengan ADD dan DD, kami pemerintah desa bersama masyarakat Desa Batumetoru akan menggenjot pembangunan yang mengarah kepada kesejahteraan masyarakat," ujarnya. (Ardi)

Komentar Anda

emo-but-icon

VIRAL MINGGU INI

item