Permudah Pengelolaan Keuangan, BPDKPMP & PA Siapkan Klinik Siskeudes

MAJENE, FMS - Guna mewujudkan pengelolaan keuangan desa yang sistematis, terpadu, akuntabel, tertib, disipilin serta akurat dalam perhitungan anggaran pemerintah desa. Badan Pemerintahan Desa/Kelurahan Pemberdayaan Masyarakat dan Perempuan (BPDKPMP & PA) Majene menerapkan siskeudes. Aplikasi ini merupakan rekomendasi dari BPKP agar menjadi solusi yang tepat, apalagi selama ini pemerintah desa masih memakai cara manual.

Aplikasi ini telah menjadi proyek perubahan Abdul Waris, Kasubid Penguatan Pemerintah Desa dan Kelurahan BPDKPMP & PA sebagai peserta Diklatpim IV Angkatan II Kabupaten Majene kerjasama dengan Pusdiklat Kemendagri Makassar.

Sebagai reformer, ia telah membentuk wadah konsultasi untuk pengelolaan keuangan desa se Kabupaten Majene melalui Sekretariat Klinik Siskeudes pada BPDKPMP Majene, sebagai sarana konsultasi bagi pemerintah desa dalam menyusun dokumen keuangan desa.

"Setiap kendala yang dihadapi oleh pemerintah desa dapat dikonsultasi langsung ke klinik siskeudes. Di Sekretariat klinik, telah dibentuk Tim Teknis Kabupaten yang siap melayani dan mendampingi pemerintah desa pada setiap hari kerja," ujar Waris, Rabu (12/10).

Aplikasi siskeudes diharapkan dapat berjalan efektif untuk memberikan kemudahan bagi pemerintah desa dalam menyusun dokumen keuangan desa mulai dari perencanan keuangan desa, penatausahaan  dan dokumen pelaporan secara periodik. 

"Kalau selama ini waktu yang dibutuhkan pemrintah desa untuk menyelesaikan laporan pertanggungjawaban cukup lama, maka diharapkan dengan pemberlakuan aplikasi siskeudes ini waktunya akan lebih efisien, karena model kerja aplikasi ini tidak lagi diketik secara manual satu persatu setiap dokumen pertanggungjawaban namun sekali menginput semua dokumen pertanggungjawaban dan pelaporan sudah siap dicetak apabila sudah melakukan transaksi belanja," urai Waris

Untuk mewujudkan hal tersebut diperlukan dukungan dari pemerintah kabupaten dan keseriusan serta komitmen bagi pemerintah desa. (HM)

BERITA LAINNYA

MAJENE 4603000720358333826

Komentar Anda

emo-but-icon

VIRAL MINGGU INI

item