Awasi Penerimaan Anggota Baru, Mabes Polri Akan Turunkan Tim Saber Pungli

Mamuju, fokusmetrosulbar.com-Kepolisian Republik Indonesia (Polri), hari ini Selasa (21/2) menggelar acara pengambilan sumpah panitia seleksi penerimaan  dan penandatanganan fakta integritas penerimaan anggota Polri tahun 2017 serentak di beberapa jajaran Polda di Indonesia.

Salah satunya adalah Polda Sulawesi Barat. Seperti yang tampak hari ini di Aula Polda Sulbar, acara pelantikan dan pengambilan sumpah panitia penerimaan anggota Polri di jajaran Polda Sulbar berlangsung. Kegiatan ini dipandu langsung dari Mabes Polri melalui sambungan telekonfrensi.

Ka SDM Polri Inspektur Jenderal Asis Suseno yang terhubung dari Mabes Polri mengatakan, pendaftaran calon anggota polisi kali ini adalah kali pertama semenjak Tito Karnavian menjabat sebagai Kapolri. Dengan membuka rekrutan calon perwira AKPOL, SIPSS, Bintara dan Tantama, pendaftaran dibuka di seluruh Indonesia sejak tanggal 25 Januari hingga 28 Februari via oneline.

Pada kesempatan ini, Irjen Asis Suseno mengimbau, panitia penerimaan anggota polri tidak terpengaruh dengan janji para pendaftar begitupun sebaliknya agar tidak menjanjikan sesuatu apapun.

"Jangan memberikan janji-janji. Tolong hindari pungli dan KKN," ujarnya melalui telekomfrensi.

Ia melanjutkan, pada proses seleksi ini Mabes Polri akan turunkan tim sapu bersih (saber) yang akan mengawas langsung proses penerimaan untuk menghindari adanya pungli.

"Kita mau pendaptaran ini objektif,transparansi, bersih, akuntabel dan memiliki kualitas yang baik," tegasnya.

Hal senada dikatakan pengawas SDM Polda Sulbar, Kombes Pol Iftah. Dia berharap, penerimaan di Polda Sulbar yang merupakan kali pertama semenjak terbentuknya Polda Sulbar, akan dilakukan pengawasan secara maksimal.

"Sulbar daerah baru tentunya lima sampai sepuluh tahun kedepan kita membutuhkan personil, sekitar delapan ribu personil kita butuhkan untuk Polda Sulbar, sedangkan personik yang ada sekarang baru dua ribuan," terangnya. (awl/har)

BERITA LAINNYA

MAMUJU 8696553763643177844

Komentar Anda

emo-but-icon

item