DEKLARASI ASOSIASI MEDIA ONLINE INDONESIA, SEMANGAT BARU PEWARTA SIBER

Jakarta, fokusmetrosulbar.com- Pergeseran paradigma (shifting paradigma) dalam  dunia jurnalistik menuju makin pentingnya  peran media onine di Indonesia menuntut para pewarta cyber maupun  pengusaha media untuk  untuk  lebih bersungguh sungguh menekuni bisnis media online.

Seperti diungkapkan oleh Wakil Ketua Asosiasi Media Online Indonesia (AMI) Josua Victor dalam kata pembukaan acara Deklarasi dan Pengukuhan AMI di Takes Mansion & Hotel Lantai IV,” Survei  yang dilakukan sepanjang 2016 itu menemukan bahwa 132,7 juta orang Indonesia telah terhubung ke internet. Adapun total penduduk Indonesia sendiri sebanyak 256,2 juta orang. Hal ini mengindikasikan kenaikan 51,8 persen dibandingkan jumlah pengguna internet pada 2014 lalu. Hal ini mendorong kita para jurnalis media online harus segera tanggap  membentuk wadah tempat kita bernaung,” Katanya.

Ketua AMI Charles Simbolon menegaskan,”Hari ini kita akan deklarasikan Asosiasi Media Online Indonesia ini,  Kita berharap posisi kita sebagai wartawan “abu-abu” yang saat ini belum terlalu jelas  karena bergerak secara masing masing dapat terwadahi dalam organisasi ini.  Harapannya agar hak hak kita sebagai jurnalis online mendapatkan porsi yang sejajar dengan jurnalis media cetak, maupun elektronik yang telah ada lebih dulu.” Ungkapnya kepada seluruh peserta Acara Deklarasi dan Pengukuhan AMI (22/02/2017).

“Perkembangan IT  dan dunia cyber  yang sangat pesat juga  menimbulkan  dampak negative terutama dengan beredarnya berita berita Hoax, maka Peran media online harus dikembangkan kearah yang positif terutama dalam mengedukasi public. Peran AMI adalah memberikan  wadah agar rekan rekan yang tergabung di organisasi ini tumbuh dengan baik dalam kerangka membangun bangsa dan Negara Indonesia,” Kata Charles Simbolon.

Peserta dan para anggota AMI sangat antusias dengan terbentuknya Asosiasi ini. Salah satunya adalah, Bli Kasiyanto dari wartajakarta.com, ia mengatakan, sebagai udah perjuangan pers, organisasi ini diharapkan lebih membangun fungsi kemitraan. "Seperti kita bekerja sama dengan Dewan Pers sebagai regulator secara positif. Bahkan seharusnya kita bernaung di bawah Dewan Pers. AMI diharapkan dapat menjembatani anggotanya agar dapat bekerja sama dengan Dewan Pers,”harapnya.

Dharma Leksana Pemred dimensinews.com mengatakan hal serupa, ia mengaku sangat mengapresiasi para penggagas berdirinya AMI Indonesia ini.
"Kami  memberikan apresiasi  atas upaya para penggagas lahirnya AMI ini yang telah bekerja keras agar teman teman media online menjadi lebih maju dan sejahtera, yang perlu diingat  mengelola wartawan merupakan pekerjaan yang tidak mudah. Harus benar benar dibangun suatu kesadaran bersama  bahwa organisasi ini lahir untuk kepentingan seluruh anggota. Perlu dikembangkan sikap saling menghargai sesama anggota sehingga terlahir sebuah komunitas wartawan yang professional dan penuh kekeluargaan,” ujarnya  menanggapi Acara ini.

Lala Nababan Pemred fajarmetro.com  juga memberikan testimoninya. Sangat positif dan mendukung penuh upaya upaya untuk memajukan para pewarta siber melalui Asosiasi Media Online Indonesia. "Harapan saya kiranya AMI dapat memperjuangkan kesejahteraan anggotanya," imbuh Lala.

Adapun acara Deklarasi Asosiasi Media Online Indonesia ini dapat terselenggara berkat kerja sama dengan manajemen TAKES Mansion & Hotel, Garuda Indonesia,  Fiesta Black Tea serta dekat TV. Panitia mengatakan, daftar anggota Asosiasi Media Online Indonesia (AMI)  saat ini tercatat 72 media online.

Dalam sambutannya, General Manager TAKES Mansion & Hotel Teguh  Haryanto  juga sangat antusias mendukung lahirnya Asosiasi Media Online Indonesia ini bahkan memberikan support sepenuhnya agar wadah para jurnalis online ini dapat segera terbentuk.

“Kerja sama kemitraan antara Manajemen  TAKES Mansion & Hotel  dengan AMI semoga dapat terbangun dengan baik. Kami mendukung penuh terbentuknya Asosiasi Media Online Indonesia ini.  Hampir semua bidang usaha memerlukan  upaya upaya publikasi untuk meningkatkan benefit. Pihak manajemen pasti  membutuhkan rekan rekan media semuanya untuk dapat bersinergi sehingga menghasilkan suatu hal hal yang positif,” Ungkapnya.

Acara Deklarasi dan Pengukuhan Asosiasi Medsia Online Indonesia  berlangsung dengan lancar dan penuh kekeluargaan, yang diakhiri dengan ramah tamah di Rooftop TAKES Mansion & Hotel. (Rajawali News/har)

BERITA LAINNYA

#NASIONAL 499774413926195531

Komentar Anda

emo-but-icon

VIRAL MINGGU INI

item