Pemda Mamasa Kerjasama BRI Berdayakan Bumdes

Mamasa, fokusmetrosulbar.com- Peran  Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) sebagai salah satu lembaga bentukan desa yang dapat membantu meningkatkan Penghasilan Asli (PA) desa, sesuai amanat undang-undang desa nomor 6 tahun 2014, menjadi topik utama Bussiness Training Bank Rakyat Indonesia Kantor Cabang (Kanca) Polewali dengan Kepala Desa se-Kabupaten Mamasa. Acara dilaksanakan di Aula Mini, Selasa (7/2/17).

Kehadiran Bumdes dianggap sebagai salah satu solusi untuk memaksimalkan PA dari sektor usaha. Beberapa sektor usaha yang dapat dikelolah Bumdes diantaranya pengelolaan turbin desa, penyediaan air bersih desa, koperasi desa dan sebagainya.

Pada kesempatan itu, Wakil Bupati Mamasa Bonggalangi berharap melalui kerjasama antara Bank Rakyat Indonesia (BRI) dengan Bumdes, pembinaan terhadap usaha ekonomi kerakyatan dapat semakin ditingkatkan.

"Kami harap BRI melalui kerjasamanya dengan pemerintah desa dapat membantu pemerintah dalam melakukan pembinaan terhadap kelompok usaha masyarakat," ucapnya.

Selain itu, kata Bonggalangi, Kehadiran Bumdes dengan didukung pihak BRI dapat semakin mendekatkan pelayanan kepada masyarakat khususnya yang berkaitan dengan masalah keuangan.

Apresiasi juga turut dilontarkan Wakil Ketua DPRD Mamasa, Marthinus Tiranda yang hadir sebagai pemateri.

"Peran Bumdes sangat vital karena merupakan unit usaha yang bertugas mengelola sumber-sumber pendapatan bagi desa," tuturnya.

Selain BRI, Keberadaan para pendamping desa juga memiliki peran penting dalam membantu kepala desa dalam merumuskan program yang menjadi kebutuhan desa.

"Pendamping ini harus kreatif dan memiliki wawasan luas, karena di tangan merekalah rumusan program desa dimulai. Termasuk membantu dan mengawasi jalannya pengelolaan Bumdes," katanya.

Hadir Wakil Bupati Mamasa  Bonggalangi, Wakil Ketua II DPRD Mamasa, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, sejumlah pengurus Bumdes, serta sejumlah pendamping desa. (kedi).

BERITA LAINNYA

MAMASA 279371154625425363

Komentar Anda

  1. Kini kebutuhan BumDes pendirian pabrik air minum kemasan (gelas botol dan galon Lengkap 90juta )
    Bisa diperoleh di OLX 085299694325
    GRATIS Proposal Dana Desa Bumdesa

    ReplyDelete

emo-but-icon

item