Kabupaten Mamuju Utara segera Berganti Nama Pasangkayu

Mamuju Utara, fokusmetrosulbar.com- Perubahan nama Kabupaten Mamuju Utara menjadi Kabupaten Pasangkayu tidak lama lagi akan terealisasi. Pasalnya, tim koordinasi Kementrian Koordinator Bidang Polhukam dari pusat telah hadir guna melakukan koordinasi dan singkronisasi mengenai perubahan nama tersebut.

Bupati Mamuju Utara, Agus Ambo Djiwa menyatakan diusia yang ke-14 kabupaten ujung utara Provinsi Sulawesi Barat kedatangan tamu dari Jakarta. Kedatangannya mengingatkan pada zaman perjuangan pembentukan Kabupaten Mamuju Utara silam.

"Kita terlibat langsung pada saat perjuangan, melibatkan tim dulu tidak seperti ini, kami pada saat dilapangan pertemuannya kadang di Kantor Kecamatan, fasilitasnya juga tidak sama dengan hari ini, Alhamdulillah dengan niat yang sama menyatukan konsep dan sikap kita untuk kembali mewujudkan komitmen perjuangan untuk memberi nama Kabupaten Pasangkayu" ungkapnya di Aula Pola Kantor Bupati

Pada sambutan itu Agus menyampaikan bahwa Pasangkayu itu berasal dari kata Vova Sanggayu. Agus juga menceritakan bahwa dulu pada saat komisi II datang, jalannya masih berdebu, jembatannya masih pohon kelapa, mobilnya pun tidak semewah sekarang dan sekarang jarak tempuh dari Palu ke Pasangkayu hanya 2 jam saja.

Sementara itu, Hendi Susilowardoyo Asisten Deputi bidang koordinasi Hukum Kementrian Polhukam menyatakan pada dasarnya usulan ini telah direkam secara administrasi, di Jakarta sudah dikoordinasikan dan mendengar kementrian terkait, pada prinsipnya mendukung semua.

"Saya punya kesan atau penilaian, Apa yang kami dapatkan pada rapat-rapat di pemerintah pusat itu sejalan dengan kondisi di lapangan, olehnya itu ini sebagai bahan masukan kepada pimpinan, kiranya dapat disetujui izin prakarsa", ujarnya Rabu (22/3).

Sementara langkah-langkah yang akan ditempuh dalam pengubahan nama kabupaten yakni rekomendasi hasil verifikasi bahwa usulan nama tersebut dapat disetujui. (ind/har)

Related

PASANGKAYU 5612323937555753782

Post a Comment

emo-but-icon

FOKUS METRO SULBAR

BERITA Populer Minggu Ini

item
close
Banner iklan disini