Cuaca Buruk Picu Naiknya Harga Ikan di Pasar Baru Polewali

Polewali Mandar, fokusmetrosulbar.com- Cuaca buruk yang melanda Polman selama dua hari terakhir membuat sejumlah harga ikan di pasar tradisional melonjat naik. Seperti yang terpantu di Pasar Baru Polewali, Kamis (13/4). Hal ini disebabkan kurangnya pasokan ikan dari nelayan setempat. Akibatnya, sejumlah lapak pedagang ikan sepi dan  kosong.

Kurangnya pasokan ikan dikeluhkan  beberapa pedagang. Mereka mengaku omzet penjualannya menurun. Tak hanya pedagang, para pembeli yang umumnya kaum ibu-ibu pun mengeluh.

"Mahal sekali ikan pak, baru sedikit ji ikan," tutur Hasnia, warga setempat.

Hasnia mengaku, biasanya ia membeli ikan dengan harga 20.000, namun kini ia hanya membeli dua ekor saja dengan harga 10.000. "Ini saja ikan bandeng saya belikan 10.000," katanya.

Menurut Silmin, salah satu pedagang ikan, hal tersebut dipengaruhi kurangnya pasokan ikan dari nelayan. Ia mengaku, sebelumnya ikan tongkol dijual dengan harga Rp10.000 setiap tiga ekor, namun sekarang menjadi Rp 5.000 per ekor.

Adapun beberapa jenis ikan yang mengalami kenaikan, seperti ikan bandeng, tongkol, dan jenis ikan lainnya.

Terpisah, nelayan setempat, Jasman, mengatakan, faktor cuaca yang menyebabkan dirinya enggan melaut. Jika tak melaut, ia hanya menambatkan perahunya di dermaga atau mengangkat perahunya ke pinggir laut untuk dibenahi.

"Biasa kita keluar cari ikan pak, tapi cepat pulang karena kencang sekali angin baru besar ombak," kata ditemui di pinggir laut. (ant/har)

BERITA LAINNYA

POLMAN 9125525065512905720

Komentar Anda

emo-but-icon

VIRAL MINGGU INI

item