Kejar Adipura, Bupati Polman Instruksikan Kaling Gelar Kerja Bakti Sabtu-Minggu

Polewali Mandar, fokusmetrosulbar.com- Demi mengejar piala Adipura, Pemerintah Kabupaten Polewali Mandar terus melakukan upaya di bidang kebersihan. Salah satu upaya terlihat Sabtu pagi (8/4) ini, Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) diterjunkan turut serta bersama warga di lingkungan Cendana, Kelurahan Polewali melakukan upaya pembersihan saluran air di jalan Ahmad Yani. Pembersihan saluran air ini dimulai dari depan Kantor PLN Polewali hingga ke Jalan Cendana.

Banyaknya endapan lumpur dan tumpukan sampah membuat petugas Damkar kewalahan. Petugas pun terpaksa masuk ke-dalam gorong-gorong untuk membersihkan sampah yang membuat saluran air tersumbat. Layaknya memadamkan kobaran api, petugas Damkar menerjunkan satu unit mobil yang kemudian disemprotkan ke dalam gorong-gorong yang sulit dijangkau petugas. Endapan sampah dan lumpur kemudian diangkat dari dalam saluran air tersebut, kemudian diangkut oleh warga ke tempat pembuangan sampah akhir.

Suaib, Kepala Lingkungan (Kaling) Cendana mengatakan, kerja bakti membersihkan saluran air ini adalah instruksi dari Bupati Polman Andi Ibrahim Masdar. Hal itu diistruksikan AIM kepada pemerintah kelurahan masing-masing untuk kebersihan lingkungannya. "Kita memang diinstruksikan Pak Bupati, setiap hari Sabtu dan Minggu supaya gotong-royong jaga kebersihan," ungkap Suaib.

Dia mengaku sangat mengapresiasi kegiatan ini agar lahir kesadaran masyarakat akan perlunya menjaga kebersihan. Ia juga menghimbau warganya agar tidak membuang sampah sembarang tempat.

Menurutnya, setiap turun hujan lingkunganya pasti tergenang air. Penyebabnya karena saluran air kerap tidak bisa berfungsi dengan normal. "Ini akibat dari penumpukan sampah," katanya. (ant/har)

BERITA LAINNYA

POLMAN 271170932925340537

Komentar Anda

emo-but-icon

VIRAL MINGGU INI

item