Pandai Besi di Pamboborang akan Dibuatkan Sentra IKM

Majene, fokusmetrosulbar.com - Sesuai dengan program Pemerintah Daerah (Pemda) Majene yang MP3 , Majene Profesional, Produktif dan Proaktif, Dinas Koperasi, UKM, Perdagangan dan Perindustrian (Koperindag) Majene bekerjasama dengan Kementrian Perindustrian mengembangkan Industri Kecil Menengah (IKM) di Desa Pamboborang, Kecamatan Banggae, tahun ini.

Kepala Bidang Perindustrian Koperindag, Suci Suhamta mengatakan, kerjasama itu berupa revitalisasi sentra IKM pandai besi dan pengolahan logam. Sentra IKM tersebut, diproyeksi dapat menyatukan para pengusaha industri kecil kreatif. Kata dia, didalamnya akan dibuatkan puluhan bilik dengan dilengkapi fasilitas moderen.

Suci memperkirakan sekitar 28 kelompok yang akan masuk dalam sentra IKM Itu, dan pengelolaannya akan diatur oleh warga setempat.

"Kan selama ini banyak pandai besi yang menyebar di sekitar situ, mereka (pandai besi, red) biasanya bekerja di samping rumah dan tak memiliki tempat cukup baik. Makanya sentra ini diharapkan dapat mengcover setidaknya sebagian besar pengusaha nantinya," papar Suci, saat ditemui di ruangannya, Rabu (5/4).

Dia menyebutkan, revitalisasi yang akan menelan anggaran hingga tiga milliar rupiah itu, bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) dan akan dilelang pada pihak ketiga untuk proses pengerjaannya.

"Anggaran dari DAK itu akan melalui proses lelang terlebih dahulu sesuai prosedur," pungkasnya. (tfk/har)

BERITA LAINNYA

MAJENE 9145578998069225684

Komentar Anda

emo-but-icon

VIRAL MINGGU INI

item