Perpustakaan Ngapaboa Siap Perkuat Sulbar ke Tingkat Nasional

Mamuju Tengah, fokusmetrosulbar.com- Tim penilai lomba perpustakaan tingkat Sulawesi Barat, mengunjungi Perpustakaan Ngapaboa Kabupaten Mamuju Tengah, Jumat (7/4).

Rombongan tim yang dipimpin Dinas Perpustakaan dan Arsip Sulbar, berikan penilaian di perpustakaan terbaik Mateng itu. Hal tersebut membuat ketua Perpustakaan Ngapaboa, Kiswan Wahab, harap-harap cemas. Ia khawatir perpustakaan unggulan Mateng itu dikalahkan perpustakaan kabupaten lain. "Semoga saja kita jadi pemenang dan kami siap perkuat Sulbar ke tingkat nasional," ucap Wahab optimis.

Perpustakaan Ngapaboa terletak di Desa Topoyo Kecamatan Topoyo. Maret lalu, ikut lomba dan berhasil raih prestasi terbaik. Total peserta berjumlah 54 desa dari lima kecamatan.

Dikisahkan Kiswan, perpustakaan Ngapaboa lahir sejak Januari 2014. Legitimasi pendirian berdasarkan SK  Bupati Mateng nomor 821.29/15/I/2014. Sejak itu civitas pustakawan mulai beraktivitas menyiapkan beragam koleksi buku bacaan. "Awalnya perpustakaan ini kecil-kecilan, karena didukung semangat lambat laun berkembang," jelas Kiswan


Menurutnya untuk membangun daerah, harus di tunjang sumber daya manusia (SDM). Salah satu pendukung adalah perpustakaan. Sebab dengan membaca wawasan akan bertambah dan masyarakat akan cerdas. Prinsip itulah yang membakar semangat Kiswan bersama rekanan kerjanya.

Perpustakaan Ngapaboa kemudian perluas relasi. Mereka bangun kerjasama beberapa perusahaan, lembaga pendidikan dan perbankan. "Alhamdulillah perpustakaan kita makin berkembang atas kerjasama BNI Cabang Topoyo, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Mamuju Tengah, SMPN 6 Topoyo, SDN Ngapaboa, dan TP-PKK," urai Kiswan menutup riwayat perpustakaan Ngapaboa. (jml/riz)

BERITA LAINNYA

MATENG 968754907648245839

Komentar Anda

emo-but-icon

VIRAL MINGGU INI

item