Tertibkan Pasar, Tim Gabungan Tindak Tegas PKL Bandel dan Parkir Liar

PENERTIBAN pasar yang digelar tim gabungan TNI, PolSi dan Satpol PP di Pasar Topoyo Mateng, Jumat (19/5/17). 

Mamuju Tengah, fokusmetrosulbar.com - Penertiban pedagang kaki lima (PKL) dan parkir liar di Pasar Topoyo Kabupaten Mamuju Tengah, Sulawesi Barat, rencana kembali digelar pekan depan.  

Operasi lanjutan itu akan memantau perkembangan PKL dan parkiran liar yang ditertibkan Jumat (19/5). Pedagang bandel yang buka lapak di bahu jalan akan ditindak. Termasuk pedagang cakar, beras dan campuran di atas mobil, yang gunakan jalan. "Selama ini mereka gunakan bahu jalan berjulan. Hal itu menyebabkan penyempitan jalan sehingga terjadi kemacetan. Belum lagi parkiran liar perburuk situasi," ungkap kepala Dinas Ketentraman, Ketertiban dan Perlindungan Masyarakat (Trantib dan Linmas) Mateng, Hasanuddin Wahid, Sabtu (20/5).   

Pedagang yang membuka lapak di tepi jalan, kata Wahid telah direlokasi ke dalam pasar. Juga pedagang yang gunakan mobil telah dipindahkan ke tempat khusus. Sebab jalan masuk pasar dari depan BRI Topoyo sampai pasar ikan tidak boleh digunakan berjualan. "Kita berharap memasuki ramadan jalan masuk pasar sudah tertib. Ini dimaksud untuk memberi kenyamanan masyarakat di bulan puasa nanti," katanya.   

Untuk parkiran kendaraan juga telah ditertibkan. Area parkir disiapkan depan BRI sampai depan toko obat Kita II. Parkiran kendaraan satu arah ke jalan Tintilingan, samping Masjid Raya Topoyo atau ke Jalan Pettanabone. Khusus pengendara mobil akan parkir disebelah kanan jalan. Sedangkan sepeda motor parkir disebelah kiri. "Ini akan dikendalikan perhubungan," jelas Wahid.

Perwira Penghubung (Pabung) Kodim 1418 Mamuju Mayor Inf Sahabuddin berharap, sekiranya pedagang mengindahkan imbauan yang disampaikan Jumat lalu. Pengendara yang selama ini parkir secara liar sekiranya tidak lagi gunakan sembarang tempat. Termasuk motor yang sering masuk lokasi pasar agar dihentikan.   

Menurut Pabung, tim gabungan yang melibatkan Babinsa, Babinkantibmas, dan Satpol PP kembali turun Selasa (25/5). Bagi pedagang dan pengendara yang bandel akan dilakukan penindakan. "Jumat lalu hanya sebatas imbauan, jika masih bandel kita tindak," tegasnya. (jml/riz)   

BERITA LAINNYA

MATENG 6262636605974981931

Komentar Anda

emo-but-icon

VIRAL MINGGU INI

item