Pengendara Diminta Tak Pakai Headset Saat Mengemudi

 Ilustrasi (Foto: Otomotif Viva.com)
Mamuju, fokusmetrosulbar.com--Banyaknya insiden kecelakaan lalu lintas dalam arus mudik dan arus balik lebaran tahun ini membuat pihak kepolisian mengeluarkan himbauan. Hal itu dilakukan sebagai upaya untuk menekan angka kecelakaan berlalulintas (Lakalantas).

Kasat Lantas Polres Mamuju, AKP. Suhartono, SH., SIK mengimbau agar pengemudi menjadi pelopor keselamatan berlalulintas, khususnya selama arus mudik dan arus balik lebaran.

"Perlu diketahui, bahwa salah satu penyebab kematian tertinggi di dunia adalah kecelakaan saat berkendaraan, makanya sangat perlu berhati-hati," kata Suhartono, Kamis (29/3).

Suhartono berharap, dalam berkendaraan untuk tidak melakukan beberapa hal, diantaranya, tidak berkendaraan pada saat dalam pengaruh minuman beralkohol, mengantuk dan sakit.
Kasat Lantas Polres Mamuju, AKP. Suhartono, SH., SIK
(Foto:  Awal/ Fms)
Selain itu dia juga mengajak agar para pengendara menggunakan helm standard SNI, tidak menelpon saat mengemudi, tidak mendengarkan musik dengan headset/headphone saat menyetir kendaraan, menyalakan lampu kendaraan roda dua di siang hari, menggunakan sabuk pengaman (safety belt) pada kendaraan roda empat atau lebih, mematatuhi rambu-rambu lalu lintas seperti tidak menerobos lampu merah (traffic light), marka jalan dan rambu-rambu lalu lintas lainnya serta tidak memuat penumpang dengan mobil pick up terbuka atau truk.

"Pastikan semua kendaraan dalam kondisi baik, kondisi pengemudi dalam keadaan sehat dan bawa serta SIM, STNK, KTP dan KTA  anda serta uang cash secukupnya jangan berlebihan," ajak Suhartono.

Dirinya juga mengajak pengguna jalan agar tidak membawa kendaraan dengan cara ugal-ugalan, karena itu bisa membuat kecelakaan dan membahayakan diri sendiri dan pengguna jalan yang lainnya. (awl/har)

BERITA LAINNYA

MAMUJU 5039850582709316970

Komentar Anda

emo-but-icon

VIRAL MINGGU INI

item