Bang Jay, Pelatih Bulutangkis Bertalenta

Bandung, fokusmetrosulbar.com--Bang Jay, demikian sapaan akrab Subagja. Sosok lelaki bertalenta dan mumpuni di dunia bulutangkis Nasional. Betapa tidak, Bang Jay pernah berjaya dan punya segudang prestasi. Beberapa capaian pernah dia torehkan di dunia badminton Nasional.
Bang Jay lahir dari pasangan Tatang S dan Rohana di kota Cimahi Jawa Barat, 32 tahun silam.

Sejak kelas 4 SD Jay Subagja mulai berkiprah di olahraga tepuk bulu. Olahraga bulutangkis, dikenal Bang Jay dari Pak Atang. Pak Antang sendiri adalah legenda pelatih SGS PLN Bandung semasa Taufik Hidayat masih di Club SGS PLN Bandung. Kakak perempuannya akrab disapa Teh Eneng juga adalah jebolan pemain Pelatnas era kejayaan pasangan Riki Subagja dan Reksymainaki, sedangkan dua adiknya Subakti dan Dandi Prabudita pernah sukses jadi penghuni Pelatnas seperti Subakti dan disusul adiknya Dandi Prabudita. Nyatalah bahwa Bang Jay lahir dan besar di lingkungan olahraga bulutangkis.

Segudang prestasi yang pernah diraih adalah sertifikat atau piagam penghargaan yang diantaranya, Finalis Double Men Usia 17 Samsung SGS Bandung, Finalis Double Mix Usia 17 Sinar Mutiara Tegal, Semifinalis Mix Double Usia 17 Astek Jakarta dalam kurung waktu 1999- 2001. Kemudian prestasinya di tahun 2002- 2004 adalah Finalis Men Single Usia 19 Djarum Sirnas Jawa Barat, Finalis .Men Single Usia 19 Djarum Sirnas Jakarta Open, Semi Finalis Men Usia 19 Single Ply Power Surabaya Open, Finalis Men Doubles Li-Ning Open Banda Baru Championship.

Prestasi yang paling membanggakan Bang Jay yang sejak April lalu memutuskan hijrah ke Amerika untuk melatih di salah satu club ternama yakni, juara 1 Mens Doble dan Juara 1 Mix Doble di Tournament MID Atlantic New Jersey Mei lalu, dan 26 Juni 2017 Juara 3 Mix Double Yonex Boston Amerika Serikat.

Saat ini Bang Jay bercita-cita memperbaiki karir kepelatihannya di Amerika sedangkan sang istri yang mantan pemain pelatnas Meidy Runturuwu yang pernah berpasangan dengan pemain dunia sekarang Muhamad Ahsan dan Bona Septano adik Markis Kido menjabat Kepala Pelatih Pusdiklat Telkom Bandung/SGS PLN Bandung.

Pada penghujung 2004, Bang Jay memutuskan untuk menjadi pelatih bulutangkis profesional. Pada 2004-2008, Ia melatih di SGS PLN Bandung, 2015 melatih di Taufik Hidayat arena Badminton Indonesia di Jakarta, 2015-2016 melatih di negeri jiran Malaysia Club NVBA Smashbounce, lalu April- Desember 2016 melatih di club Cennai India dan sejak April 2017 melatih di salah satu club bulutangkis ternama di negeri Paman Sam CPBC Sport Centre.

Ada seketsa asa dan harapan yang senantiasa bergolak di hati Bang Jay. Ada seonggok cita-cita yang teramat Ia dambakan. Bang Jay sungguh ingin dunia perbulutangkisan di Negeri Paman Sam tempatnya saat ini, Ia bisa mengasah talentanya. Bagaimana badminton di Amerika maju se-level dengan Negara- negara di Asia. Dia ingin membawa Negeri ini disegani bukan hanya di bidang militer dan ekonomi tapi di dunia olahraga buluatangkis pun diperhitungkan. (red/har)

BERITA LAINNYA

#NASIONAL 7242074427117412020

Komentar Anda

  1. Semoga sukses .. Ja .. God Happynes family.. My Fray .. Amin

    ReplyDelete

emo-but-icon

VIRAL MINGGU INI

item