Bupati Mamuju Dukung UNICEF Cegah Pernikahan Dini

Bupati Mamuju Habsi Wahid saat menerima kunjungan Unicef di Mamuju, Selasa (11/7). 
Mamuju, fokusmetrosulbar.com-- Bupati Mamuju H. Habsi Wahid mengatakan dukungan atas program pencegahan pernikahan dini yang tengah digagas oleh lembaga PBB bidang pendidikan dan anak-anak atau yang lebih dikenal dengan UNICEF.

Hal tersebut dikatakan Habsi, Selasa (11/7) saat menerima kunjugan pihak UNICEF di kantor Bupati Mamuju, Sulbar.

Habsi mengaku, mengapresiasi program tersebut karena sejalan dengan visi pemerintah.

"Pencegahan pernikan dini itu kan juga sebagai salah satu program yang mendukung untuk mencegah anak putus sekolah, dan ini sesuai dengan program Pemkab Mamuju yakni pengembalian anak ke sekolah," kata Habsi Wahid.

Sementara, Chief Field Office UNICEF wilayah Sulawesi dan Maluku, Hengky Widjaja saat diwawancarai mengatakan, langkah yang akan pihak UNICEF lakukan untuk menekan angka pernikahan usia dini adalah dengan melakukan sosialisasi atau pendekatan secara langsung kepada masyarakat. Bahkan, pihaknya akan menjelajah hingga ke sekolah-sekolah.

“Kami akan meminta tanggapan para siswa seperti apa pernikahan usia dini serta memberikan pemahaman kepada mereka tentang dampak yang akan dialami ketika harus menjalani pernikahan usia dini. Selain para siswa juga akan melibatkan orang tua serta para tokoh masyarakat," terang Hengky.

Di Kabupaten Mamuju, tidak semua kecamatan mendapat kesempatan untuk mencanangkan program ini, hanya Kecamatan Mamuju dan Simboro yang menjadi project awal untuk program tersebut.

Untuk diketahui, sesuai data Badan Pusat Statistik (BPS) dan UNICEF, untuk tahun ini Sulawesi Barat menduduki posisi pertama dalam hal pernikahan usia dini dengan rasio di atas 30%, dan inilah yang menjadi dasar mengapa Kabupaten Mamuju terpilih sebagai project program penuntasan pernikahan usia dini. (hms/har)

BERITA LAINNYA

MAMUJU 7278205769201170374

Komentar Anda

emo-but-icon

VIRAL MINGGU INI

item