IBI Majene Gelar Pemeriksaan Pap Smear, Upaya Dini Cegah Kanker Serviks

Pengurus IBI Majene dan Petugas BPJS Kesehatan (Foto: Muh. Taufik/FMS)
Majene, fokusmetrosulbar.com-- Memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Ikatan Bidan Indonesia (IBI) ke-66 dan HUT Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan ke-49 bulan ini, kedua lembaga tersebut berkordinasi menggelar berbagai pelayanan sosial masyarakat.

Diantaranya, adalah pemeriksaan Pap Smear gratis bagi peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) KIS yang diselenggarakan, Sabtu (8/7) di Sekretariat IBI Cabang Majene.

Ketua IBI Cabang Majene, Hasmiati mengatakan, pemeriksaan Pap Smear adalah prosedur pengambilan sampel sel dari leher rahim untuk memastikan ada atau tidak adanya ketidaknormalan yang dapat mengarah kepada kanker serviks pada wanita.

"Untuk saat ini (Pukul 10.30 Wita, red) sudah 28 ibu yang diperiksa. Sebenarnya target kami seratus dan kita tunggu sampai pukul 13.00," sebutnya.

Selain pemeriksaan Pap Smear, lanjut Hasmiati, metode pemeriksaan inspeksi visual dengan aplikasi asam asetat (IVA) oleh bidan lokal telah dilakukan sebelumnya.

"Nanti hari Senin, kami bersama BKKBN provinsi akan memberikan pelayanan pemeriksaan dan pemasangan implan gratis. Insya Allah kalau ada masyarakat yang berminat silahkan datang. Akan dimulai pukul 09.00," ungkapnya.

Kesempatan yang sama, Kepala BPJS Kesehatan Majene, Kartini Malik mengatakan, BPJS selaku sponsor kegiatan mendaftarkan peserta JKN KIS lokal. Dan tujuan pemeriksaan Pap Smear ini merupakan langkah awal untuk mendeteksi lebih dini penyakit kanker serviks pada ibu-ibu.

"Ini adalah tindakan preventif, kalau misalnya ada yang terdeteksi hari ini, akan ditindaklanjuti dengan diarahkan ke dokter ahli kandungan," ungkapnya.

Untuk mengenali gejala kanker serviks, kata Kartini Malik, adalah hal yang sulit. Karena pada umumnya wanita yang terjangkit kanker serviks akan terasa gejala pada tahap stadium akhir.

"Biasanya gejalanya timbul pada saat usia kanker mencapai 7 sampai 15 tahun. Jadi sangat sulit mengenalinya kalau tidak dilakukan pemeriksaan sejak dini," ucapnya. (tfk/har)

BERITA LAINNYA

MAJENE 3647606346036044002

Komentar Anda

emo-but-icon

VIRAL MINGGU INI

item