Sukseskan TMMD, Pemkab Mamuju Gelontorkan Rp1,5 M

Ratusan Personil TNI siap diterjunkan pada program TMMD di dua desa di Kecamatan Tapalang (Foto: Jamal Tanniewa/Fms)
Mamuju, fokusmetrosulbar.com -- Tiga desa di Kecamatan Tapalang menjadi sasaran TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-99 di Kabupaten Mamuju, Sulbar, tahun ini. 

TNI akan merintis jalan ke Desa Kopeang, Taang, dan Desa Bela' di Kecamatan Tapalang. Peningkatan jalan di daerah ini ditarget sepanjang 2,3 kilometer seluas 6 meter.

Selain peningkatan jalan, TMMD selama 30 hari itu akan memasang 8 unit gorong-gorong. Tak hanya itu, TNI dibantu instansi terkait dan masyarakat setempat akan membuat 1 unit jembatan. "Luas jembatan ini 4 kali 6 meter," jelas Dandim 1418 Mamuju Letkol Arh M Imran, saat melaporkan rincian kegiatan disela upacara pembukaan TMMD di Lapangan Sepak Bola Bahagia Galung,Tapalang, Selasa 4 Juli.

Dandim menyebut, TMMD juga akan membuat Pos Kamling. Jalan ke SD kecil 50X2 meter juga masuk dalam perencaan. Sekolah itu sekaligus akan di cat. Dandim juga melaporkan rencana bedah rumah 1 unit, dan pembuatan 1 unit rumah baca.

Selain fisik TMMD juga akan menggelar penyuluhan dan sosialisasi narkoba. Kegiatan non fisik ini juga diselingi penyuluhan KB dan HIV/AIDS. TNI juga prioritaskan penyuluhan bela negara meliputi terorisme, 4 pilar kebangsaan, hukum dan proxy war, yang kini mengancam keutuhan negara. "Kita juga akan menggelar bakti sosial pelayanan KB, pengobatan gratis, dan donor darah," rinci Dandim.

TMMD, kata Dandim akan menelan anggaran Rp1,7 miliar. Rp1,5 miliar bersumber dari Pemkab Mamuju, dan Rp231 juta lebih dari internal Kodim 1418 Mamuju.    

Saat meresmikan TMMD Selasa pagi tadi, Bupati Mamuju Habsi Wahid menegaskan, kegiatan TNI manunggal akan membangun desa. TMMD merupakan wujud tugas pokok TNI dalam membantu penyelenggaran pemerintahan daerah. "Kegiatan ini salah satu peran TNI sebagai komponen bangsa dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat," katanya.

Habsi berharap, TMMD yang dipusatkan di Tapalang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Membangun kesadaran berbangsa serta bela negara dan disiplin nasional. Program TNI terpadu ini akan melibatkan 150 personel TNI, dibantu instansi terkait dan unsur masyarakat. Sebab itu TMMD ke-99 mengakat tema 'Dengan semangat kemanunggalan TNI dan rakyat kita percepat pembangunan di daerah guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat dalam rangka menjaga keutuhan NKRI'.

Pembukaan TMMD dihadiri Wakil Bupati Mamuju Irwan Pababari, Kepala Staf Korem (Kasrem) 142 Tatag Letkol Inf Drs Priyono, Kapolres Mamuju AKBP Muhammad Rifai, Dandim 1401 Majene Letkol Inf Rahman, Dandim 1402 Polman Letkol Kav I Made Bagus Suraputra, serta Pabung Mateng Mayor Inf Sahabuddin yang sekaligus bertindak selaku komandan upacara. Tampak pula kepala Kesbangpol Mamuju  Sulkifli Rahman, Kadishub Mamuju Baharuddin, wakil ketua DPRD Mamuju Sugyanto dan jajaran pimpinan OPD Lingkup Pemkab Mamuju. (jml/riz)

Related

MAMUJU 6190027325526616571

Post a Comment

emo-but-icon

FOKUS METRO SULBAR

BERITA Populer Minggu Ini

item
close
Banner iklan disini