400 Seniman Siap Ramaikan Festival Budaya Mamuju Utara

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Mamuju Utara I Nyoman Suandi. (Foto: Indra Anwar/FMS)
Mamuju Utara, fokusmetrosulbar.com-- Sekitar 400-an Seniman, Budayawan, pelaku tradisi dan maestro dari seluruh wilayah Mamuju Utara dan sekitarnya akan berkumpul di Pantai Tanjung Babia 12 sampai 14 Agustus pekan depan. Mereka akan mengikuti giat Fetival Budaya Mamuju Utara, Sulbar.

Giat ini dipastikan seru, karena diikuti peserta dari keberagaman budaya masyarakat yang menghuni kabupaten paling utara Provinsi Sulawesi Barat ini. Selain itu, kegiatan tersebut juga untuk menyambut HUT RI ke 72.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Mamuju Utara I Nyoman Suandi menyatakan, pelaksanaan festival budaya yang ditempatkan di Pantai Tanjung Babia merupakan bagian dari upaya untuk menetapkan kawasan tersebut sebagai kawasan budaya dan salah satu destinasi budaya pariwisata unggulan Matra.

Event budaya ini, tambah I Nyoman, adalah perayaan terhadap keberagaman dan kekayaan khasanah budaya Mamuju Utara untuk mendorong percepatan pembangunan di sektor kebudayaan dan pariwisata berbasis keragaman budaya lokal.

"Saya berharap kegiatan ini dapat menumbuhkan dan memacu iklim investasi, khususnya di sektor kebudayaan dan industri kultural serta membangun ruang promosi bisnis dan etalase industri budaya dan pariwisata di Mamuju Utara," ungkapnya I Nyoman, Senin (7/8).

Kepala Bidang Kebudayaan, Sinar Lukman Said menyatakan, output yang diharapkan pada kegiatan tersebut yakni platform festival berbasis lokal yang berkualitas, kreatif, edukatif dan apresiatif bertaraf nasional di tengah masyarakat Kabupaten Matra.

Kegiatan yang rencananya akan dibuka oleh Bupati Mamuju Utara Agus Ambo Djiwa mengusung tema "Senjakala Keberagaman Budaya Mamuju Utara"  dengan empat even yang akan dihelat yakni Pertunjukan Budaya, Pameran Budaya, Karnaval Budaya, dan Pasar Budaya. (ind/har)

BERITA LAINNYA

PASANGKAYU 954538355763205215

Komentar Anda

emo-but-icon

VIRAL MINGGU INI

item