AJI Mandar Keluarkan Himbauan, Jurnalis Jaga Kode Etik Jelang Idul Adha

Anggota AJI Mandar (foto: dok FMS)
Polewali, fokusmetrosulbar.com-- Menghadapi perayaan Hari Raya Idul Adha yang akan dirayakan Jumat, 1 September 2017, Pengurus Aliansi Jurnalis Independen (AJI) mengeluarkan himbauan.

Ketua AJI Kota Mandar Ridwan Alimuddin dalam rilisnya yang diterima Fokus Metro Sulbar (fokusmetrosulbar.com) mengatakan, himbauan tersebut disampaikan kepada seluruh anggota AJI untuk tetap memperhatikan Kode Etik Jurnalistik (KEJ) AJI , khususnya poin 8 dan poin 9. Dimana poin 8 dan 9 kode etik AJI menegaskan bahwa jurnalis harus menghindari konflik kepentingan dan menolak segala bentuk suap. Apalagi di momen lebaran, kerap dijadikan ajang pemberian hadiah atau sumbangan yang dapat mempengaruhi independensi jurnalis.

Dijelaskan Ridwan, KEJ AJI harus diperhatikan seluruh anggota AJI Kota Mandar dalam hubungan interaksinya dengan publik, narasumber, kelompok advokasi dan pihak lain yang berpotensi menimbulkan konflik kepentingan serta menjaga independensi. "Termasuk kepada pemasang iklan, agar jurnalis menjaga dan memperhatikan kode etik," katanya.

Himbauan itu lanjut Ridwan, juga sebagai informasi ke masyarakat bahwa jurnalis yang tergabung di AJI Kota Mandar menolak pemberian yang bisa mempengaruhi sikap independensi, dan tidak terlibat dalam proses serah terima suatu benda (yang menurut KEJ tidak diperbolehkan) yang mengatasnamakan mewakili jurnalis. (har)

BERITA LAINNYA

POLMAN 6947143432317035081

Komentar Anda

emo-but-icon

VIRAL MINGGU INI

item