Konsumsi Minuman Bersoda, Kadinkes Sulbar Ingatkan Efek Negatif Ini

Peresmian pencanangan Kampung KB di Desa Lumu Kecamatan Budong-Budong. (Foto: Jamal Tanniewa/FMS)
Mateng, fokusmetrosulbar.com -- Kepala Dinas Kesehatan Sulbar dr H Achmad Azis MKes mengingatkan warga Mateng, untuk menghindari minuman beralkohol dan mengandung soda.

Minuman bersoda justru lebih berbahaya dari minuman beralkohol. Ancamannya dapat menyebabkan obesitas atau perut buncit. Merusak ginjal, membuat tulang rapuh, jantung, asam urat dan bahkan memicu penaan dini.

Kebiasaan meminum cairan berbahaya itu sekiranya digantikan air mineral. Lalu perbanyak konsumsi buah dan sayuran. Lakukan kegiatan fisik dan rajin periksa kesehatan. "Inilah resep terbaik untuk menjaga kesehatan," kata Azis disela peresmian pencanangan Kampung KB di Desa Lumu Kecamatan Budong-Budong, Jum'at (11/8).

Dijelaskan, penyakit mematikan saat ini semakin berkembang. Seperti hipertensi, kanker, kencing manis, stroke dan jantung. Untuk mencegahnya pemerintah menggalakkan program kesehatan. Nawacita pemerintah adalah menciptakan masyarakat berkualitas dan memiliki daya saing.

Azis juga berpesan agar perokok aktif sekiranya tidak merokok saat dekat keluarga dan anak. Risikonya sangat berbahaya bagi kesehatan keluarga.

Terkait pengendalian penduduk, Azis menilainya sangat penting. Persaingan teknologi kedepan akan semakin berat. Diharapkan tahun 2025 hingga 2035, Indonesia harus mampu bersaing dengan bangsa lain. Jangan sampai karena generasi tidak berkualitas, Ia hanya jadi penonton. "Itu yang dikhawatirkan," ungkapnya. (jml/riz)

Related

MATENG 4161690871018896190

Post a Comment

emo-but-icon

FOKUS METRO SULBAR

BERITA Populer Minggu Ini

item
close
Banner iklan disini