Puluhan Anak SD Majene Ikuti Pawai Budaya HUT RI ke-72

Pawai Karnaval dalam rangka HUT RI ke-72 (Foto: Taufik/FMS)
Majene, fokusmetrosulbar.com-- Dalam rangka memeringati HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-72, puluhan anak SD mengikuti pawai budaya yang diselenggarakan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Majene, Kamis, (10/8).

Mereka dihias berbagai penampilan khas adat Mandar. Beberapa diantaranya bahkan dibuatkan tunggangan menyerupai kuda (Saiyyang Pattu,du) untuk menampilkan ikon budaya Mandar.

Menurut seorang ibu yang mendampingi anaknya, Patimah, kegiatan tersebut sangat bermanfaat. Karena selain memeringati hari kemerdekaan, kegiatan ini sekaligus memperkenalkan kepada anak tentang banyaknya warisan budaya yang dimiliki daerah ini.

"Anak-anak penting untuk mengetahui berbagai jenis yang terkandung dalam budaya kita," sebutnya.

Senada diungkapkan seorang penonton, Fadli. Menurutnya, kegiatan tersebut cukup menghibur dan mengundang tawa, lantaran beberapa anak tampak canggung memakai pakaian adat yang biasanya dipakai orang dewasa.

"Lucu juga, karena anak-anak ini cukup kerepotan dengan pakaiannya. Tapi mereka tetap tampak semangat berjalan," paparnya.

Pawai yang dimulai di Stadion Prasamya, sekira pukul Wita14.00 ini, mengikuti rute yang telah ditentukan panitia hingga berakhir di depan gedung Assamalwuang. (tfk/har).

BERITA LAINNYA

#NASIONAL 2129963703977188146

Komentar Anda

emo-but-icon

VIRAL MINGGU INI

item