Puluhan Nelayan Ikuti Lomba Balap Perahu Katinting di Desa Tonyaman

Lomba Perahu kanting di desa Tonyaman Polewali (Foto: Asrianto/FMS)
Polewali, fokusmetrosulbar.com--Demi mempererat tali siltaurrahni antar sesama nelayan, pemerintah desa Tonyaman menggelar lomba balap perahu. Perahu yang dilombakan adalah jenis perahu bercadik, warga menyebutnya dengan sebutan perahu katinting.

Rencananya lomba akan digelar selama dua hari. Sabtu dan Minggu, 12-13 Agustus 2017. Puluhan peserta yang turut serta dalam lomba balap perahu katinting ini memperebutkan uang tunai jutaan rupiah. Puluhan peserta yang umumnya adalah nelayan sekitar, namun ada pula peserta dari luar desa Tonyaman, seperti Bajoe dan Takatidung.

Lomba yang digelar, dalam rangka memperingati HUT RI ke 72. Peserta dilepas oleh anggota DPRD Polman Fraksi Golkar Abu Bakar Kadir, dan anggota DPRD Sulbar Fraksi Hanura M. Tasrief. Peserta harus mengelilingi rute jalur yang telah ditentukan oleh panitia. Setiap race diikuti empat hingga lima peserta. Para peserta harus mengelilingi jalur sebanyak tiga putaran. Lomba ini pun menjadi tontonan warga sekitar. Lomba perahu tradisional ini menjadi ajang wisata dan silaturrahmi antar sesama warga pesisir pantai Polewali Mandar.

Menurut Abu Bakar Kadir, anggota DPRD Polman, lomba silaturrahmi antar masyarakat pesisir seperti ini akan rutin digelar. Tujuannya tak lain hanya untuk mempererat dan menjalin hubungan silaturrahmi sesama nelayan.

“Mudah-mudahan daerah lain juga seperti ini,”ujar Ketua Komisi IV ini. (ant/har)

BERITA LAINNYA

POLMAN 3272086347659461077

Komentar Anda

emo-but-icon

VIRAL MINGGU INI

item