Dapat Laporan Masyarakat, BKD Mateng Perketat Pembinaan Disiplin

Mateng, fokusmetrosulbar.com - Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Mateng belakangan ini rutin menggelar inspeksi mendadak (Sidak).   

Selain perkantoran, BKD juga menyidak sejumlah tempat keramaian seperti warung makan dan warkop. 

Itu dilakukan untuk mengintai oknum ASN yang bolos dan mangkir pada hari kerja. "Ini sudah menjadi agenda rutin dalam rangka meningkatkan kedisiplinan ASN di Mateng," kata Kepala BKD Mateng Abdul Azis saat ditemui di ruang kerjanya, Jumat (29/9).

Menurut Azis, sidak gencar dilaksanakan karena adanya laporan masyarakat. Warga terkadang menemukan ASN yang bolos saat jam kerja. Untuk membuktikan informasi itu BKD harus turun lapangan. 

Akan tetapi kegiatan tersebut digelar secara rahasia dan sifatnya mendadak. Sebab terkadang ketika turun sidak di salah satu OPD, ASN lain bocorkan informasi ke temannya.    
Sejauh ini, lanjut Azis, BKD menemukan beberapa ASN bolos pada jam kerja. Namun oknum terkait diberikan teguran lisan agar tidak mengulangi perbuatannya. 

Kecuali orang yang sama masih mengulangi perbuatannya maka diberikan teguran tertulis. Bahkan gaji berkalanya akan ditunda atau diberikan sanksi penurunan pangkat. 

Namun sejauh ini, kata Azis, belum ada oknum ASN di Mateng yang diberikan sanksi berat. Umumnya masih tunduk atas peringatan yang diberikan dan siap merubah diri. 

Dikatakan bahwa pembinaan ASN yang melanggar disiplin tidak separah daerah lain. Mungkin karena jumlah ASN di kabupaten termuda provinsi ke-33 itu masih minim. 

Itu sebabnya penegakan disiplin harus diterapkan sejak dini agar tidak menjadi budaya buruk. Jika dibiarkan dapat mempengaruhi kinerja dan menghambat kelancaran program. Buruknya lagi bila contoh buruk itu ditiru yang lain. 

Azis berharap setiap ASN dapat menunjukkan kinerja yang baik, bertanggungjawab atas kepercayaan yang diberikan, serta melaksanakan tupoksi masing-masing. "Itu sudah menjadi kewajiban mutlak," tutupnya. (jml/riz) 

BERITA LAINNYA

MATENG 7200737491067568445

Komentar Anda

emo-but-icon

item