3.879 Nelayan Polman Terima Kartu Asuransi

Temu nelayan Polman (Foto: Asrianto/ Fms)
POLEWALI, FOKUSMETROSULBAR.COM-- Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Sulbar menggelar temu nelayan di kantor Desa Tonyaman, Kamis (26/10). Temu nelayan ini dihadiri oleh Camat Binuang Budhyati Bestari, Camat Polewali Andi Taufik Palontjongi, Kapolsek Binuang Iptu Ramli, Kepala DKP Polman Ahmad Saefuddin, serta ribuan nelayan.

Selain bertemu dengan nelayan, kegiatan ini juga membagikan kartu asuransi  lkepada ribuan nelayan yang berasal dari dua kecamatan yakni Binuang dan Polewali.

Kepala Dinas Kelautan Provinsi Sulbar Ir. Parman Parakkassi mengatakan, kegiatan ini merupakan ajang tatap muka dan sosialisasi kepada para nelayan. Tujuannya untuk memberi pemahaman karena selama ini ada oknum yang memanfaatkan nelayan dengan cara memasukkan proposal fiktif.

"Kasihan nelayan kita, dimanfaatkan orang yang tdiak bertanggung jawab. Nama mereka dijual, orang lain yang dapat bantuannya," ujarnya.

Penyerahan kartu asuransi ini sebagai langkah untuk mensejahterakan nelayan. Kartu asuransi ini sebagai jaminan bagi nelayan apabila suatu waktu terjadi kecelakaan saat melaut.

Parman menjelaskan, manfaat dari kartu asuransi cukup banyak. Ia merinci, jika nelayan mengalami kecekaan saat melaut hingga meninggal dunai akan mendapatkan santunan sebesar Rp 200 juta, sedang jika mengalami kecelakaan dan meninggal di darat akan mendapatkan Rp 160 juta.

"Meskipun sedang tidak bekerja atau melaut tetap akan mendapatkan dana dari asuransi," jelas Parman.

Kegiatan ini digelar selama dua hari, berlangsung di tujuh  kecamatan pesisir yakni Tinambung, Balanipa, Campalagian, Mapilli, Wonomulyo, Polewali dan Binuang.

Seorang nelayan asal Dusun Kapejang Pulau Battoa mengaku sangat mengapresiasi langkah pemerintah atas program ini.

"Saya juga merasa tenang saat mencari ikan di laut, karena kami sudah ada asuransi," akunya.

Untuk diketahui, data DKP Kabupaten Polman mencatat, jumlah penerima kartu asuransi saat ini sebanyak 3.879 nelayan.

"Paling banyak jumlah penerima adalah  kecamatan Binuang, 1.106 nelayan," jelas Ahmad Saifuddin, Kepala DKP Polman.
(ant/har)

BERITA LAINNYA

POLMAN 5397645749158559064

Komentar Anda

emo-but-icon

VIRAL MINGGU INI

item