Gelar Tes Tertulis, KPU Polman Himbau Laporkan Calon PPK yang Terlibat Parpol

Ratusan calon PPK ikuti tes tertulis (Foto: Asrianto/ Fms)
POLEWALI, FOKUSMETROSULBAR.COM-- Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Polman menggelar ujian tulis calon Panitia Pimilihan Kecamatan (PPK). Ujian tulis berlangsung di gedung rotan polis, Wonomuly, Jumat (27/10).

Tes tulis ini dihadiri langsung Ketua KPU Sulbar Usman Suhuriah, Ketua Panwaslih Polman Suaib Alimuddin serta anggota komisioner KPU Polman.

Sebanyak 285 peserta, berasal dari 16 kecamatan di Kabupaten Polman ikut dalam seleksi ini. Mereka akan diuji dengan 50 soal menggunakan sistem pilihan ganda. Panitia akan memberikan waktu 90 menit untuk mengerjakan soal-soal tersebut.

Ketua KPU Sulbar Usman Suhuriah dalam sambutannya berpesan, peserta tetap menjaga independen jika mereka terpilih, agar tercipta pesta demokrasi yang damai dan aman. Usman juga mengimbau kepada peserta agar tetap tenang dalam menyelesaiakn soal ujian.

"Jangan terburu-buru, karena yang diberikan panitia masih lama yakni 90 menit," ujarnya.

Sementara itu, Ketua KPU Polman Danial mengatakan, tes tulis ini untuk memilih sepuluh orang yang akan masuk ke tahap selanjutnya, yakni seleksi tes wawancara. Peserta yang lolos tes wawancara akan dipilih sebanyak lima orang dari setiap kecamatan untuk ditetapkan sebagai anggota PPK.

"Kami butuhkan delapan puluh orang dari enam belas kecamatan," kata Danial.

Danial menegaskan, jika ada calon anggota yang terlibat dalam kepengurusan partai, namun tidak terdeteksi oleh KPU, maka KPU tidak akan mentolerir. Sesuai syarat, calon peserta tidak berpartai dalam lima tahun terkahir.

Menyoal itu, Danial mengimbau kepada masyarakat jika menemukan anggota yang dimaksud agar segera melaporkan ke KPU.

"Kami sangat mengharapkan partisipasi masyarkat dalam mengawasi. Jika ada anggota PPK yang terbukti terlibat dalam pengurus partai, segera laporkan kepada kami," pesannya. (ant/har)

BERITA LAINNYA

POLMAN 8468168683505848379

Komentar Anda

emo-but-icon

VIRAL MINGGU INI

item