Kementerian Pemuda Olahraga Cari Bibit Atlet di Mamuju Utara

Mamuju Utara, fokusmetrosulbar.com-- Kementerian Pemuda dan Olahraga melalui bidang Olahraga Pendidikan Dasar pada Asdep Pendidikan Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga mencari bibit baru atlet nasional di 136 kabupaten dan kota termasuk di Mamuju Utara. Pencarian bibit atlet ini digelar melalui kegiatan Gala Desa 2017 yang diselenggarakan mulai hari ini hingga 24 September mendatang.

Hal itu diungkapkan Kepala Bidang Olahraga Pendidikan Dasar pada Asdep Pendidikan Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga, Tuparno seusai pembukaan Gala Desa di Lapangan Merdeka Pasangkayu, Kamis (5/10).

Tuparno mengatakan, kegiatan ini diikuti 33 provinsi, 136 kabupaten/kota, dan 816 desa/kelurahan. Kegiatan bertujuan untuk memasyarakatkan olahraga agar tubuh masyarakat menjadi sehat, tercipta displin, sportifitas, dan terbangunnya karakter.

"Tujuan Gala Desa adalah menggali potensi bibit-bibit atlet dari desa untuk diikutkan pada tingkat nasional bahkan internasional," ungkapnya.

Senada dengan hal tersebut, Bupati Mamuju Utara, Agus Ambo Djiwa, mengapresiasi Gala Desa yang diselenggarakan oleh Kemenpora di kabupaten paling ujung utara Provinsi Sulawesi Barat ini.

Agus mengatakan, Gala Desa merupakan kegiatan yang sangat bagus yang digagas oleh Kemenpora, membuat semangat kembali aktif apalagi sangat jarang dilakukan. "Dengan adanya Gala Desa ini memotivasi anak-anak kita untuk berolahraga, memberi motivasi kepada mereka untuk saling berkreasi, berinovasi berkumpul seperti ini," papar Agus.

"Kami merespon kegiatan pak Mentri, semoga kegiatan ini terus menerus lebih ditingkatkan lagi ke depannya sehingga betul-betul digalakkan secara nasional," lanjutnya.

Kata Agus lebih jauh, kegiatan ini merupakan momentum secara nasional. "Jika, akan ditindaklanjuti ke desa, maka kegiatan ini harus menjadi kalender nasional. Pak Mentri bisa menetapkan sehingga kegiatan ini berkelanjutan," katanya.

"Pak Mentri harus membuat edarannya, sehingga kami dikabupaten akan menindaklanjuti kegiatan Gala Desa ini," tuturnya.

Bupati dua periode ini berharap agar mendapat sarana olahraga dari kementrian Pemuda dan Olahraga, apakah berbentuk GOR ke daerah sehingga pembinaan generasi bisa rutinitas.

"Semoga dengan adanya Gala Desa Pak mentri juga dapat memberikan sarana dan prasarananya, sehingga SDM di Mamuju Utara ada ransangan konkret," harapnya.

Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga, Badaruddin menambahkan bahwa Gala Desa mencari mutiara-mutiara atau bibit-bibit atlet dari desa. Adapun yang diperlombakan yakni Sepak Bola, Bulu Tangkis, Tenis Meja, Bola Volly, atletik, dan Sepak Takrow sementara desa yang mengikuti kegiatan Gala Desa ini yaitu sebanyak 22 Desa. (ind/har)

BERITA LAINNYA

PASANGKAYU 3357494115688021615

Komentar Anda

emo-but-icon

VIRAL MINGGU INI

item