Menagkal Berita Hoax, Polda Sulbar Gelar Pelatihan Cyber Troops

Pelatihan Cyber Troops Polda Sulbar (Foto: Awal/fms)
MAMUJU, FOKUSMETROSULBAR.COM-- Maraknya informasi berita hoax yang beredar media sosial dinilai berpotensi mengancam stabilitas keamanan negara.

Menyikapi hal tersebut, Bidang Hubungan Masyarakat (Bid Humas) Polda Sulbar dibawah kepemimpinan AKBP Hj. Mashura M, SH menggelar pelatihan Cyber Troops di Aula Mapolda, Jl. Ahmad Kirang Mamuju, Rabu (25/10/17).

Pelatihan tersebut dibuka secara resmi Wakapolda Sulbar Kombes Pol DR. Endi Sutendi, SIK, SH, MH, didampingi Irwasda Kombes Pol Iputu Mahasena, SH dan Direktur Telkom Indonesia Timur. Kegiatan turut dihadiri para pejabat utama dan seluruh peserta dari perwakilan masing-masing Polres dan Satker lingkup Polda Sulbar.

Kadid Humas Polda Sulbar AKBP Mashura mengatakan, tujuan dilaksanakannya pelatihan tersebut untuk dapat menangkal peredaran berita hoax di masyarakat yang belum tentu kebenarannya. Harapannya akan dapat mengurangi keresahan masyarakat yang berpotensi mengancam keutuhan NKRI.

Pelatihan cyber troops berlangsung selama 3 hari dari tanggal 25 hingga  27 Oktober 2017.

"Kita lakukan tiga tahapan yakni hari pertama khusus pelatihan website, hari kedua pelatihan cyber troops dan terakhir praktek sekaligus penyerahan web dari Kabid TI," ujar Mashura.

Mashura berharap peserta pelatihan tim cyber troops ini nantinya, akan selalu memantau setiap perkembangan informasi terhadap berita hoax serta dapat mencegah proteksi sebuah jaringan online pada rumah atau perkantoran dengan memonitor aktifitas online masing-masing.

"Disamping itu, Tim Cyber Troops juga dapat memblokir situs-situs yang berbau kekerasan, narkoba, porno dan sebagainya," terangnya

Pelatihan ini juga merupakan upaya penguatan media di dalam tubuh Polri sebagai aparat penegak hukum. Polisi juga dihapkan lebih dulu diberi bekal untuk meningkatkan kinerja kehumasan.

“Kita berharap peserta yang mengikuti pelatihan ini melakukan pengawasan media sosial yang melakukan counter issue,” harapnya. (awl/har)

BERITA LAINNYA

MAMUJU 4946851366809933705

Komentar Anda

emo-but-icon

VIRAL MINGGU INI

item