Proses Hukum Pimpinan DPRD Sulbar Berlanjut, Anwar Adnan Turut Diperiksa

Mantan Gubernur Sulbar Anwar Adnan Saleh (Foto: Republika)
MAMUJU, FOKUSMETROSULBAR.COM-- Usai memenangkan putusan gugatan praperadilan tersangka kasus penyalahgunaan APBD Sulbar tahun 2016, Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sulselbar mengagendakan pemeriksaan Andi Mappangara Cs.

Kajati Sulselbar Dr. Jan. S. Maringka menyampaikan, bahwa dengan ditolaknya gugatan praperadilan yang diajukan oleh para tersangka, maka pihaknya akan mengintensifkan kembali proses penyidikan, termasuk dengan mengagendakan pemeriksaan para tersangka.

"Pemeriksaan pada hari Senin tanggal 30 Oktober mendatang," terang Jan Maringka dalam keterangan tertulisnya yang diterima redaksi Fokus Metro Sulbar, Rabu (25/10) malam.

Sebagaimana diketahui, gugatan praperadilan diajukan oleh tiga dari empat tersangka dalam perkara tindak pidana korupsi penyimpangan APBD Provinsi Sulbar TA. 2016.

Para tersangka dalam kapasitasnya sebagai unsur Pimpinan DPRD Sulbar diduga patut bertanggung jawab terhadap sejumlah dugaan penyimpangan dalam proses penyusunan dan pelaksanaan APBD Sulbar 2016.

Pengadilan Negeri (PN) Makassar dalam Putusannya nomor : 24/Pid/Pra/2017/PN.Mks yang dibacakan oleh Hakim Safri, SH, menyatakan menolak gugatan praperadilan yang diajukan oleh para pemohon yaitu H. Andi Mappangara S.Sos, Drs. H. Harun, MM dan Munandar Wiajaya.

Dalam pertimbangannya, Hakim Safri menyatakan bahwa berdasarkan bukti-bukti yang diajukan oleh penyidik Kejati Sulsel, penyidikan sudah sesuai dengan prosedur dan ketentuan KUHAP.

Periksa Anwar Andnan Saleh

Masih terkait kasus APBD Sulbar 2016, Jan mengaku turut memeriksa mantan Gubernur Sulbar Anwar Adnan Saleh.

"Penyidik Kejati Sulsel telah melakukan pemeriksaan terhadap Anwar Adnan Saleh sebagai saksi untuk perkara yang sama," terang Jan Maringka.

Dalam pemeriksaan yang berlangsung selama kurang lebih 4 jam tersebut, penyidik meminta keterangan Anwar seputar proses penganggaran APBD Sulbar TA. 2016 dalam kapasitasnya selaku gubernur pada saat itu. (awl/har)

Catatan Perbaikan: Sebelumnya di keterangan foto tertulis Gubernur Sulbar Anwar Andan Saleh, telah diperbaiki menjadi Mantan Gubernur Sulbar Anwar Adnan Saleh. 

Related

MAMUJU 7078626817813577536

Post a Comment

emo-but-icon

FOKUS METRO SULBAR

BERITA Populer Minggu Ini

item
close
Banner iklan disini