Sahabat Penyu Polman Diproyeksi Jadi Percontohan di Sulawesi

Rumah Penyu di pantai Mampie Polman (Foto: Asrianto/fms)
POLEWALI, FOKUSMETROSULBAR.COM - - Kepala Seksi Jejaring Konservasi Direktorat Konservasi dan Kenekaragaman Hayati Laut (KKHL) Ditjen Pengelolaan Ruang dan Laut Kementrian Kelautan dan Perikanan (KKP) Republik Indonesia, Ihsan Ramli bersama Kepala Balai Pengelolaan Sumber Daya Pesisir dan laut (BPSPL) Makassar, Andry Indryasworo Sukmoputro, didampingi Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Polewali Mandar, Ahmad Saifuddin kunjungi Rumah Penyu di Pantai Mampie Kecamatan Wonomulyo Kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat, Kamis (19/10) Sore.

Pada kunjungannya di rumah penyu tersebut, Ihsan bersama Kepala BPSPL Makassar melakukan sosialisasi dan penyerahan bantuan kepada komunitas pelestari penyu di Polewali Mandar (Polman) yaitu Sahabat Penyu.

Rombongan Kepala Seksi Jejaring Konservasi Direktorat KKHL Kementerian Perikanan dan Kelautan RI. (Foto: Asrianto/fms)
Pemberian bantuan kepada Sahabat Penyu oleh pemerintah, merupakan bentuk dukungan penuh kepada Sahabat Penyu yang selama ini aktif melakukan upaya pelestarian penyu di wilayah Polman.

"Pemberian bantuan tidak lain karena sahabat penyu sudah banyak membantu pemerintah menyelamatkan penyu," ujar Ihsan.

"Dengan adanya bantuan ini diharapkan Sahabat Penyu lebih aktif lagi melakukan upaya pelestarian penyu," tambahnya.

Ditempat yang sama, Kepala BPSPL Makassar Andry Indryasworo Sukmoputro mengatakan, upaya yang dilakukan Sahabat Penyu dibawah kendali Yusri selama ini sudah sangat banyak membantu pihaknya, baik itu dari segi informasi maupun pelestarian penyu.

"Sahabat Penyu ini memang sudah sangat layak dibantu, karena selama ini mereka sudah bekerja meskipun tanpa bantuan," kata Andry.

"Semoga bantuan ini nantinya dijaga dan digunakan dengan baik. Dan semoga Sahabat Penyu ini nantinya bisa menjadi percontohan di pulau Sulawesi sebagai komunitas pemerhati dan konservasi," tambahnya.

Adapun bantuan yang diterima langsung oleh ketua Sahabat Penyu Yusri, dalam bentuk bangunan dan peralatan lainnya seperti teropong, Gps dan kamera.

"Kami tidak pernah berfikir akan mendapat bantuan seperti ini, karena niat kami beserta teman-teman lainnya memang fokus hanya pelestarian. Dan insya Allah ini amanah siap kami jaga dan jalankan," ujar Yusri. (ant/tfk)

BERITA LAINNYA

POLMAN 946544368474570062

Komentar Anda

emo-but-icon

VIRAL MINGGU INI

item