Terapkan Germas, Dibutuhkan Sinergi Pemerintah dan Masyarakat

Bupati Majene H. Fahmi Massiara dan Gubernur Sulbar Ali Baal Masdar buka Germas di Majene.
(Foto: Muh. Taufik/fms)
MAJENE, FOKUSMETROSULBAR.COM--Gubernur Sulawesi Barat (Sulbar) Ali Baal Masdar (ABM), menginstruksikan kepada seluruh bupati dan jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemerintah Provinsi (Pemprov) maupun Pemerintah Kabupaten (Pemkab) untuk menggalakan hidup sehat.

Menurutnya, hal itu sesuai dengan pesan Presiden Jokowi saat rapat kerja kesehatan nasional 2017. Dimana dalam rapat itu disebutkan, kesehatan merupakan fundamental sehingga untuk menuntaskankannya dibutuhkan kerjasama seluruh elemen.

"Mari kita semua bersinergi, dengan menjaga supaya tidak ada gizi buruk di lingkungan kita, menuntaskan penyakit menular seperti TB dan Demam Berdarah (DBD) dan mengarahkan Puskesmas dan Dinkes untuk mencegah munculnya berbagai penyakit," sebut Gubernur,  saat menyampaikan sambutan pada pencanangan Germas di Kabupaten Majene, di stadion Prasamya, Jumat (20/10).

Dalam penerapannya, kata Gubernur, perbaikan SDM di sektor pemerintahan dan pengelolaan anggaran tidak boleh luput dari perhatian pemerintah agar hasil yang dicapai nyata di masyarakat.

"Ini tenaga kesehatan juga agar aktif, jangan hanya menunggu di puskesmas atau di rumah sakit, maka itu bekerjalah supaya hasilnya dapat dirasakan masyarakat," ujar ABM.

Menurutnya, untuk menerapkan pola hidup sehat di masyarakat sesuai arahan presiden, pemerintah perlu promotif dan preventif yang dapat menimbulkan peran aktif seluruh masyarakat.

"Serta kepada pemilik usaha di Sulbar, agar membantu menggerakan pola hidup sehat," cetusnya.

"Sebenarnya, perilaku hidup sehat jika kita mengacu pada pendahulu kita, sekarang itu tidak ada masalah. Kita hanya perlu berkomitmen kembali tentang hidup sehat," imbuhnya. (tfk/har)

BERITA LAINNYA

MAJENE 1662822533958626298

Komentar Anda

emo-but-icon

VIRAL MINGGU INI

item