DPRD Mamuju Utara Terbaik I Pada Monev KP2 Mamuju

MATRA, FOKUSMETROSULBAR.COM - Kantor pelayanan Pajak Pratama Mamuju memberikan penghargaan kepada sejumlah Bendahara Organisasi Perangkat Daerah (OPD) pada kegiatan monitoring dan evaluasi perbendaharaan tahun 2016 di salah satu hotel Mamuju Utara (Matra) Rabu (1/11).

Penghargaan tersebut berdasarkan dua kategori penilaian, yakni kategori rasio pembayararan pajak terbaik dan ketegori kepatuhan pelaporan dan penyetoran pajak.

Untuk OPD kategori rasio pembayaran pajak terbaik, diraih Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Matra, terbaik kedua diraih Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga sedangkan terbaik ketiga diraih oleh Dinas PUPR.

Sementara itu, untuk OPD kategori kepatuhan pelaporan dan dan penyetoran pajak terbaik pertama, diraih Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah, terbaik kedua diraih kantor Dinas Perhubungan Mamuju, dan terbaik ketiga diraih Kecamatan Sarjo.

Sekretaris Daerah Mamuju Utara, M.Natsir mengatakan, bahwa penghargaan ini merupakan satu motivasi untuk meningkatkan kinerja bendahara pada masa mendatang. Penghargaan ini juga merupakan evaluasi bagi OPD yang lain.

"Pajak ini merupakan urat nadinya pembiayaan negara kita," ungkapnya.

M. Natsir berharap, OPD dapat memotivasi diri agar kewajiban dalam pajak dapat terpenuhi tepat waktu dan bisa menjadi pendorong kemajuan kapasitas OPD.

Kepala Seksi Pengawasan dan Konsultasi Kantor Pelayanan Pajak Pratama Sugeng Herlianto mengatakan, monev ini bukan berdasarkan pembayaran pajak terbesar atau terkecil, tetapi rasio, karena masing-masing OPD berbeda dampaknya.

Lanjut Sugeng, jadi rasio antara penyerapan dengan rasio pembayaran pajak dan kepatuhan pelaporan karena ada kewajiban bendahara bahwa tiap bulan mereka harus lapor.

"Tiap bulan ada pelaporannya, itu yang disebut Surat Pemberitahuan (SPT) masa. Misalnya, masa Januari dilaporkan Januari," tuturnya. (ind/tfk)

BERITA LAINNYA

PASANGKAYU 1064102662301995333

Komentar Anda

emo-but-icon

VIRAL MINGGU INI

item