52 Hari Pasca Gempa Palu


Laporan: Hajrul Malik, Ketua Dewan Pendidikan Mamuju dari Sulteng

Pasca gempa Palu Sulawesi Tengah (Sulteng), berbagai kegiatan dilaksanakan untuk mengembalikan dan memulihkan kondisi Palu, Sigi dan Donggala. Bukan hanya pada korban langsung tapi juga korban terdampak.

Korban maupun yang terdampak bencana alam, seperti tsunami, gempa dan liquifaksi Sulteng yang paling rentan mengalami trauma dan stress adalah anak anak.

Jika dalam penanganan korban terutama anak anak tidak tertangani cepat, maka bisa menimbulkan dampak buruk jangka panjang pada mental, spritualitas, sosial dan budaya.

Salah satu pendekatan dalam memberikan layanan kepada anak anak yang menjadi korban bencana alam yaitu pendekatan berbasis hak. Pendekatan ini menekankan pada upaya pemenuhan hak-hak anak melalui partisipasi dari semua pemangku kepentingan, baik dari unsur pemerintah maupun non pemerintah seperti lembaga swadaya masyarakat, perusahaan dan masyarakat.


Karena itu, selama tiga hari (21-23 November), kami diundang selaku praktisi anak Sulawesi untuk memberikan materi sekaitan perlindungan anak dan peran pemerintah dalam pemenuhan hak anak pada masa darurat.

Hadir dalam acara yang difasilitasi oleh Unicef kerjasama Pemerintah Kota Palu dan Yayasan Karampuang, Wakil Walikota Palu, Sigit Purnomo atau biasa dipanggil Pasha memberi sambutan sekaligus membuka  kegiatan #response on child priotection in emergency.

Sebagai Ketua Dewan Pendidikan Mamuju dan ketua Pokja Program Pencegahan pernikahan usia anak Mamuju diminta sharing informasi dan materi penangan dan pemenuhan hak anak yang menjadi model di Mamuju.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh sejumlah pihak terkait terutama pemangku kepentingan, seperti Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kota Palu, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Palu, Dinas Sosial Kota Palu, koordinator pengungsi di 9 titik pengungsian yang ada, NGO Palu yang bergerak di bidang pemberdayaan anak, seni dan budaya, serta aktifis dari luar daerah lainnya.


Hadir kementerian sosial, Unicef dan PLAN atau Yayasan PLAN Internasional Indonesia.

Selama tiga hari terjadwal, (21/11) di Palu, (22/11) di Kabupaten Sigi dan (23/11/) di Kabupaten Donggala.

Semua anak anak kita, adalah motto dimana semua pihak harus terlibat memfasilitasi terwujudnya pemenuhan hak-hak anak, baik dalam musim normal apalagi dalam situasi pasca bencana.

(*)

Post a Comment

emo-but-icon

FOKUS METRO SULBAR

BERITA Populer Minggu Ini

item
close
Banner iklan disini