Pemilu Expo 2018 Diharapkan Beri Pemahaman Soal Pemilu



Mamuju, FMS - Asisten Bidang Pemerintahan Setda Sulbar M. Natsir berharap, pelaksananaan Pemilu Expo 2018, dapat memberikan pengetahuan dan pemahaman kepada masyarakat dalam memilih pada Pemilu 2019.

Hal tersebut disampaikan dalam sambutannya, pada acara Pembukaan Pemilu Expo 2018, yang berlangsung di Pantai Manakarra Mamuju, Jumat 23 November 2018.

"Pemprov  Sulbar  mengapresiasi KPU Sulbar dan seluruh komponen yang turut mensukseskan kegiatan ini, semoga dapat memberikan pengetahuan, bagaimana memilih calon-calon terbaik, khususnya di Sulbar pada Pemilu mendatang," ucap Natsir

Masih kata Natsir, melalui kegiatan tersebut juga diharapkan, semua permasalahan yang mungkin terjadi dalam setiap pelaksanaan tahapan Pemilu, dapat terjawab dengan baik, sehingga dapat mengangkat kapasitas Sulbar, sebagai daerah yang bebas dari zona merah kerawanan Pemilu di Indonesia.

"Dengan upaya ini,  maka Pemerintah Provinsi Sulbar  yakin pelaksanaan pemilu mendatang, akan berjalan aman, lancar dan damai, serta senantiasa mengedepankan etika dan moral, "tutur Natsir.


"Dalam waktu dekat Pemprov Sulbar akan membentuk dukungan elemen satuan kinerja (Desk) pemilu, sebagai upaya menyatukan kemitraan untuk berkolaborasi dengan semua pihak. Upaya ini dilakukan untuk mengawal pelaksanaan pemilu,  agar dapat betul-betul dirasakan masyarakat sebagai pemilu yang aman, damai dan bermartabat" kata Natsir.

Tidak hanya itu, lanjut Natsir, Pemprov Sulbar juga akan melakukan koordinasi dengan pemda dalam rangka penyiapan pengamanan pemilu, khususnya linmas dalam mendukung pengamanan wilayah di setiap Kabupaten se-Sulbar.

Kapolda Sulbar Brigjen Pol. Baharuddin Djafar mengatakan, wujud dukungan Polda Sulbar pada pelaksanaan Pemilu Expo itu,  akan diaplikasikan dalam memberikan pengamanan pada Pemilu 2019.

"ini berdasarkan tagline KPU bahwa Polda Sulbar mendukung Pemilu Expo. Menjadi tugas dan tanggungjawab Polda Sulbar, dalam menciptakan Pemilu yang aman, damai dan sejuk," tandas Baharuddin.


Baharuddin menegaskan, Polda Sulbar  mendorong seluruh stakeholder dan komponen masyarakat untuk meningkatkan kesadaran dalam menjaga situasi keamanan dan ketertiban selama tahapan Pemilu berlangsung.

Sementara, Ketua KPU Sulbar Rustang mengungkapkan, pelaksanaan  Pemilu Expo 2018, sebagai upaya dalam meningkatkan partisipasi masyarakat dalam  Pemilu mendatang,

Selain itu, Rustang membeberkan, pihaknya juga  telah melakukan berbagai kegiatan lainnya, seperti sosialisasi,  go to campus, go to shcool dan lainnya.

Dari berbagai upaya yang dilakukan itu, Rustang menegaskan, hal tersebut  sebagai wujud dari ketentuan undang-undang nomor 7 tahun 2017 ayat 1 tentang Pemilu, yaitu Pemilu diselenggarakan atas partisifasi masyarakat.

"Pemilu tidak bisa berjalan bagus dan normal seperti yang diharapkan,  kalau masyarakat tidak antusias untuk ikut berpartisipasi," tandas Rustang

Sebelumnya, Panitia Pelaksanaan Pemilu Expo, Muhammad Arman mengatakan,  tujuan dilaksanakannya kegiatan itu,  untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman kepada masyarakat tentang Pemilu 2019.

"Selama ini masih banyak masyarakat yang kurang memahami tentang Pemilu, untuk itulah KPU melaksanakan kegiatan seperti ini"tutur Aman.

Di penghubung kegiatan, dilakukan kunjungan ke stand pameran, sekaligus dilakukan pengguntingan pita pada tiga stand  secara bersama-sama  oleh Asisten Bidang Pemerintahan M. Natsir, Ketua KPU Sulbar Rustang dan Kapolda Sulbar Brigjen Pol. Baharuddin Djafar, sebagai tanda bahwa Pemilu Expo resmi dibuka, sedangkan  kegiatan tersebut akan berlangsung selama tiga hari kedepan.

Hadir pada kegiatan itu,  Kepala Badan Kesbang  Pol Rahmat Sanusi,  Ketua Bawaslu Sulbar, para pejabat utama Polda Sulbar, Kabinda Sulbar Susetyo, serta udangan lainnya.

(usman)

BERITA LAINNYA

MAMUJU 8734478720406079431

Komentar Anda

emo-but-icon

VIRAL MINGGU INI

item