Kapolda Sulbar Keluarkan Imbauan

Kapolda Sulbar, Brigjen Pol Baharuddin Djafar

Mamuju, FMS - Jelang Natal 2018 dan Tahun Baru 2019, Kapolda Sulbar, Brigjen Pol Baharuddin Djafar mengeluarkan imbauan kamtibmas yang intinya, agar seluruh lapisan masyarakat di wilayah Sulbar untuk tetap meningkatkan kewaspadaan terhadap aksi-aksi kejahatan menjelang hari Raya Natal dan Tahun Baru sebagai bentuk antisipasi dari segala bentuk ancaman demi keselamatan bersama.

Namun, dirinya tidak menampik, dalam mengantisipasi segala macam bentuk kejahatan dan premanisme maupun teror, Polda Sulbar telah mempersiapkan langkah-langkah yang kongkrik untuk memberikan jaminan keamanan kepada seluruh masyarakat di Provinsi Sulbar.

Meskipun demikian, Polda Sulbar tetap mengharapkan peran serta seluruh elemen masyarakat dalam menjaga kondutifitas kamtibmas,

"Peran serta masyarakat sangatlah diperlukan sebab kunci keamanan terletak pada masyarakat yang taat dan peduli dengan hukum," kata Kapolda. Selasa (11/12/2018).

Selain, perayaan Natal dan Tahun Baru, bersamaan dengan itu agenda Kamtibmas lainnya ada kegiatan Pemilu yaitu Pileg dan Pilpres yang akan diselenggarakan secara bersama.

Pada kacamata kamtibmas peningkatan intensitas politik tentu dapat memunculkan potensi kerawanan dibidang keamanan ditambah lagi pelaksanaan kegiatan demokrasi akan dilaksanakan secara bersamaan.

Apalagi, lanjut Kapolda, ada berbagai potensi bidang keamanan yang menjadi perhatian Kepolisian, seperti pemanfaatan politik identitas, penyebaran isu-isu yang dapat memecah belah persatuan bangsa serta penyebaran hoax dan hate speech yang tentunya berpotensi menimbulkan kerawanan konflik sosial di tengah masyarakat.

Untuk itu, harus ada komitmen kuat dari seluruh elemen masyarakat untuk mendukung penyelenggaraan seluruh rangkaian Pemilu 2019 yang aman, lancar dan damai.

"Saya berpesan, bagi masyarakat yang akan melakukan mudik untuk bersilaturahim dengan keluarga menjelang akhir tahun 2018, kami ingatkan agar lebih berhati-hati dalam perjalanan," ujar Kapolda.

"Utamakan keselamatan dan pastikan keamanan rumah yang ditinggalkan dalam keadaan terkunci, cek aliran listrik dan kompor gas sebelum meninggalkan rumah, bila perlu sampaikan kepada tetangga bahwa kita akan mudik sehingga perkembangan yang ada bisa di dapatkan dari informasi tetangga dan mudikpun akan lebih nyaman. Jangan lupa berdoa sesuai keyakinan kita masing-masing agar kita tetap dalam perlindungan tuhan yang maha esa," sambung Kapolda.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Sulbar, AKBP Hj. Mashura juga menegaskan, Polda Sulbar dan jajarannya bersama seluruh Stakeholder sudah bertekad kuat untuk sama-sama menjaga keamanan dan ketertiban jelang natal dan tahun baru.

"Tentunya tidak terlepas dari bantuan dan dukungan masyarakat," tutur Mashura.

"Saat terjadi hal-hal yang mencurigakan dan dapat membahayakan keselamatan kami meminta masyarakat agar segera menghubungi pihak Kepolisian terdekat demi keamanan dan kenyamanan," pesan Mashura.

Tidak hanya itu bagi masyarakat yang dalam perjalanan atau mudik saat kelelahan agar menyempatkan diri untuk beristirahat pada pos-pos yang telah disediakan bahkan layanan kesehatan juga telah dipersiapkan demi pelayanan yang lebih efektif.

"Sekali lagi, kami mengajak semuanya, mari kita dukung keamanan dan ketertiban tetap kondusif jelang natal, tahun baru serta Pemilu 2019 dengan tidak menjadi salah salah satu penyebar berita Hoax, karena Hoax adalah akar permasalahan kamtibmas," kunci Mashura.

(astuti)

BERITA LAINNYA

MAMUJU 5788777960020474502

Komentar Anda

emo-but-icon

VIRAL MINGGU INI

item