Malam Pergantian Tahun, Diawali Khatam Al-Quran dan Maulid Nabi


Mamuju, FMS - Mengawali sejumlah rangkaian peringatan tahun baru 2019, Pemerintah Daerah Kabupaten Mamuju telah menjadwalkan kegiatan khatam Al-quran massal yang ditargetkan akan menghadirkan lima ribu orang santri Di Anjungan Pantai Manakarra.

Selain itu, kegiatan yang akan dilaksanakan mulai, Senin, (31/12/2018), pukul 09.00 Wita, akan dirangkaikan dengan peringatan Maulid Nabi besar Muhammad SAW 1440 H.

Bupati Mamuju H. Habsi Wahid menyebutkan, upaya Pemerintah Daerah Kabupaten Mamuju melaksanakan berbagai item kegiatan bernuansa religi dimaksudkan untuk membangun paradigma pembangunan yang berimbang antara pembangunan fisik dan pembangunan mental spiritual

"Alhamdulillah, tahun ini kita sudah gencarkan sejumlah pembangunan fisik seperti pembangunan jalan dan drainase dalam kota yang terus diperbaiki," kata Habsi.

Selain itu, lanjut Habsi, pembangunan juga dilakukan secara bertahap di kecamatan, dan tahun ini ada dua pembangunan jalan di kecamatan yang telah dituntaskan, dengan anggaran yang cukup besar, jalan di Kecamatan Tommo dan Kecamatan Tapalang Barat telah berhasil menghadirkan akses yang sangat dibutuhkan masyarakat.

Menurut Habsi, ada pula pembangunan sarana perkantoran untuk meningkatkan pelayanan publik seperti, pembangunan Kantor DPRD Mamuju, maupun pembangunan Kantor BPKAD dan Bapepan.

"Dan yang teranyar sudah kita resmikan, ada pembangunan Markas layanan kedaruratan 119 Publik Service Center atau SIGA yang berada di jalan Protokol, jalan Ahmad Yani Mamuju, dari itu semua tentu kita berharap akan lahir layanan pemerintah yang semakin bersahabat dengan rakyat serta dapat merangsang peningkatan kesejahteraan masyarakat," jelasnya.

Habsi berpesan, untuk itu, hendaknya jangan larut pada satu aspek pembangunan yang bersifat fisik saja, karena keberhasilan pembangunan baru akan berarti secara utuh jika di imbangi dengan keberhasilan aspek lain secara non materil yakni pembangunan mental spiritual.

"Momennya perlahan sudah kita galakkan dengan berbagai model, mulai dari ajakan memakmurkan masjid dengan gerakan shalat subuh berjamaah, hingga kegiatan khatam Al-quran santri binaan Pemkab Mamuju yang terus kita kembangkan dan rencannya dipenghujung tahun ini tepatnya besok kita akan khatamkan lagi sebanyak lima ribu santri," terang Habsi.

Kegiatan itu juga akan diteruskan dengan kegiatan peringatan Maulid Nabi, dan pada malam pergantian tahun akan dilaksanakan dzikir akbar di Anjungan Pantai Manakarra.

"Dari itu semua kita berharap keseimbangan pembangunan antara pembangunan fisik dan non fisik (mental spiritual) dapat berjalan beriringan, sehingga keberhasilan pembangunan tidak hanya diukur berdasarkan barometer satu aspek saja, melainkan secara menyeluruh, sehingga keberkahan senantiasa akan menaungi daerah yang kita cintai ini," harapnya.

Namun demikian, Habsi menegaskan rangkaian kegiatan tutup tahun yang dilaksanakan Pemkab Mamuju di Anjungan Pantai Manakarra tidak jadi penghalang bagi masyarakat yang ingin memeriahkan malam tahun baru dengan berbagai kegiatan, selama tidak saling mengganggu dan tetap saling menjaga toleransi.

"Yang mau hiburan diluar silahkan, tapi yang mau nuansa berbeda dengan dzkir, ayo sama-sama kita hadir di anjungan," tutupnya.

Sementara itu, Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Sekda Kabupaten Mamuju H. Muhtar menjelaskan, untuk acara dzikir, pihaknya telah mengundang sejumlah Muballiq dari tingkat Nasional, seperti  Ustadz. H. Nuhun Jamal, S.Ag, Ustadz. H. Arif Sulle dan K.H. Namru Asdar, S.Ag.

(wati)

BERITA LAINNYA

MAMUJU 316166004876363635

Komentar Anda

emo-but-icon

VIRAL MINGGU INI

item