Di Gedung Gadis, Kapolda Sulbar Berikan Hikmah Maulid


Polman, FMS - Kapolda Sulbar, Brigjen Pol Baharuddin Djafar menghadiri Perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW ke 1440 H, yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Polman.

Diperayaan itu, Kapolda didaulat memberikan hikmah maulid. Adapun tema dari perayaan maulid "Teladani akhlak Rasulullah Sallalahu Alaihi Wasallam menuju Polewali Mandar yang Maju, rakyat sejahtera"

Nampak pula hadir dalam kegiatan tersebut Kabid Humas AKBP Hj. Mashura, SH, Kapolres Polman, Wakil Bupati Polman, Sekda Polman beserta para OPD lingkup Polman, Kementrian Agama, para tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Perempuan dan seluruh tamun undangan lainnya.

Kapolda Sulbar dalam tausianya mengatakan, Rasulullah adalah contoh teladan yang baik dan patut kita sebagai seorang muslim meneladani akhlatnya. Sosoknya begitu disayangi kawan dan disegani lawan.

Rasulillah adalah sosok yang menyayangi. "Suatu ketika Rasullullah melihat Abu Huraira sedang kelaparan dan memanggil di kediamannya, saat tiba di rumah Rasulullah, Abu huraira melihat semangkuk susu segar, namun Rasululullah memerintahkan abu huraira memanggil para sahabat yang jumlahnya puluhan, namun karena rahmat dan keberkahan Allah semangkuk susu itu cukup untuk semua orang hingga kenyang"

Begitulah sosok Rasululah, sehingga ia begitu dimuliakan oleh para sahabatnya hingga umatnya saat ini. Mendahulukan kepentingan umatnya dibandingkan kepentingannya sendiri.

"Untuk meneladani akhlak rasulullah, harus ada usaha memperbaiki, kita sama-sama mengingatkan dan menyampaikan untuk taat kepada Allah Subuhanahu Wataalah sehingga berkah dan kebaikan hadir di negeri ini serta terhindar dari bala," tausiah Kapolda.

Kelembutan Rasulullah kepada Istrinya menjadi salah satu akhlak karim, sehingga istri-istri beliau begitu cinta dan ridho. Beliau sering menyuapi istrinya, membelai hingga memberikan panggilan yang menawan seperti saat memanggil Aisyah dengan panggilan Humairah. Inilah contoh yang seharusnya kita terapkan dalam keluarga sehingga terwujud keluarga yang sakina, mawadda dan warahma.

Intinya disini adalah perbaiki akhlak, Allah menciptakan dua mata kepada kita satu digunakan melihat kebaikan orang lain dan yang satunya di gunakan melihat kejelekan kita sehingga dengan demikian akan timbul rasa cinta, saling mendukung dan bersinergi menjaga kamtibmas di negeri ini.

Akhlak itu praktek bukan teori, untuk itu kita praktekkan akhlak Rasulullah dan saling mendukung untuk taat kepada Allah sehingga keberkahan terus berdatangan di negeri ini khususnya di Polman.

Dikesempatan itu juga, Kapolda juga mengucapkan apresiasi kepada seluruh masyarakat Sulbar, atas empati dan kepeduliannya kepada para korban gempa dan tsunami di Palu-Donggala hingga yang terjadi di Kabupaten Mamasa. Atas reaksi itu, dunia mengakui respon cepat dari Provinsi Sulawesi Barat atas kepeduliannya dalam membantu meringankan beban sesama.

"Pertahankan dan tingkatkan terus. Jangan lupa untuk saling mengajak kepada kebaikan dengan meneladani Akhlak Rasulullah," imbuh Kapolda.

Sementata itu, Wakil Bupati Polman, Muhammad Natsir mengapresiasi atas hikmah yang diberikan oleh Kapolda.

"Semoga melalui hikmah yang diberikan ini, masyarakat Polman akan menjadi masyarakat yang selalu saling mendukung dan peduli demi kemajuan dan kesejahteraan di Kabupaten Polman.

(Akbar)

BERITA LAINNYA

POLMAN 3122541694743250831

Komentar Anda

emo-but-icon

item