Gubernur Sulbar Serahkan 21 Motor Pa'gandeng


Mamuju, FMS - Gubernur Sulbar Ali Baal Masdar, menyerahkan bantuan 21 sarana pemasaran ikan atau motor pa'gandeng ikan secara simbolis kepada kelompok pemasaran ikan se-Sulbar.

Penyerahan tersebut dilaksanakan di lapangan upacara Kantor Gubernur Sulbar, Jumat (25/1/2019).

Sarana pemasaran ikan tersebut merupakan Bantuan Hibah Pemerintah Sulbar pada tahun anggaran 2018, melalui Dinas Kelautan dan Perikanan Sulbar.

Gubernur Sulbar Ali Baal Masdar mengatakan, pemberian motor pa'gandeng tersebut, sebagai bentuk kepedulian terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat di Sulbar.

"Saya lihat ini sangat dibutuhkan masyarakat, sehingga saya berpikir perlu menganggarkan sarana ini," tutur Ali Baal.

Selain itu, sambung Ali Baal, juga sebagai upaya pemerataan pendistribusian ikan di Sulbar, khususnya di daerah terpencil, sehingga derajat kesehatan masyarakat dapat ditingkatkan, terutama dalam menekan angka stunting.

"Dengan begitu, masyarakat mudah memperoleh dan mengkonsumsi ikan, dan pada akhirnya masyarakat memiliki gizi yang baik," harapnya.

Ali Baal berpesan agar sarana yang telah diberikan tersebut, dapat dijaga dan dirawat dengan baik, serta berharap dapat digunakan sesuai peruntukannya.

Ali Baal juga mengingatkan, agar ikan yang di distribusikan tidak mengandung formalin karena sangat berbahaya.

"Saya ingatkan, agar ikan yang di distribusikan jangan dicampur formalin," pesan Ali Baal.

Sementara itu, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Sulbar, Ir. Parman Parakkasi mengatakan, pemberian bantuan tersebut sebagai salah satu upaya menekan angka stunting di Sulbar.

"Makin banyak masyarakat mengkonsumsi ikan, terutama yang berada dipelosok, maka permasalahan stunting dapat di atasi," ucap Parman.

Melalui kesempatan itu, Parman mengungkapkan, kelompok pemasaran ikan yang mendapatkan bantuan tersebut, merupakan yang terpilih dari sekian banyak yang mengajukan permohonan kepada pihaknya.

"Yang terpilih ini sudah melalui seleksi sesuai mekanisme yang ada, seperti pengajuan proposal kelompok pemasaran ikan dan terutama yang sangat membutuhkan, serta aturan lain yang ditetapkan tim penyeleksi," terang Parman.

Selain itu, ia juga menyatakan, tahun ini rencananya kembali mengadakan bantuan serupa dengan jumlah yang lebih banyak yaitu 40 unit.

"Tahun depan, kembali kita akan adakan bantuan motor pa'gandeng sebanyak 40 unit," sebutnya.

Adapun jumlah kelompok penerima bantuan sebanyak 21 kelompok yang tersebar di empat Kabupaten se-Sulbar,  diantaranya Mamasa dan Polewali Mandar masing-masing 2 kelompok, Pasangkayu 3 kelompok, dan Mamuju 14 kelompok.

Gubernur Sulbar Ali Baal Masdar bersama Sekprov Sulbar dan Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Parman Parakkasi juga melakukan pengecekan sekaligus mengoparasikan motor pa'gandeng ikan dengan mengelilingi lapangan upacara.

Turut hadir, Asisten Bidang Pembangunan Ekonomi Hamzah, Asisten Bidang Administrasi Umum Djamila, Staf Ahli Gubernur Ibrahim, serta beberapa pimpinan OPD lingkup Pemprov Sulbar. (Advetorial)

(Wati)

Related

MAMUJU 5287740797779185037

Post a Comment

emo-but-icon

FOKUS METRO SULBAR

BERITA Populer Minggu Ini

item
close
Banner iklan disini