Aksi Kapolda Sulbar Bikin Tamu Undangan Kaget


Mamuju, FMS - Memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN), Kepolisian Daerah Sulawesi Barat menggelar upacara di Tempat Pembuangan Akhir ( TPA), Dusun Adi-adi, Desa Botteng Simboro Mamuju, Kamis (21/2/2019).

Sebelum pelaksanaan upacara, Kapolda Sulbar Brigjen Pol Drs. Baharudin Djafar, M.Si mengajak seluruh tamu undangan dan masyarakat yang hadir melaksanakan shalat ashar berjamaah.

Keheningan sempat terjadi beberapa menit, para undangan saling memandang, kaget bercampur tak percaya. Instruksi Kapolda mengajak shalat berjamaah membuat tamu undangan seakan tak percaya apa yang disampaikan Kapolda. Pasalnya, tempat yang akan dijadikan shalat berjamaah berada pada lokasi TPA. "Semua tempat di muka bumi adalah suci, asal bukan di kuburan dan tempat-tempat najis," kata Kapolda.

"Harus sholat dulu karena kalau tidak, kita semua akan berdosa loh dan lagian, tempat ini suci dan bersih. Kita masih jauh dari TPA," sambungnya.

Menurutnya sholat berjamaah itu penting dan bagian dari perintah untuk di kerjakan jadi tidak ada alasan untuk tidak melaksanakannya apapun resiko dan akibatnya.

"Mashaa Allah Kapolda ini betul-betul taat beribadah," tutur salah satu tamu undangan yang ada.

Lokasi upacara di TPA ini dipilih agar semua dapat menyaksikan dan menyadari sendiri bahwa betapa banyaknya sampah yang di produksi setiap saat.

"Hal ini tentunya diharapkan agar kita bisa lebih menggugah diri untuk peduli lingkungan dimulai dengan tidak membuang sampah di sembarang tempat serta mengelola sampah menjadi produksi yang bernilai ekonomi sehingga volume sampah bisa ditekan bahkan di sulap menjadi penghasilan," ujar Kapolda.

Peringatan peduli sampah nasional ini juga di tandai dengan penghargaan kepada warga yang berpartisipasi dalam melakukan edukasi pengelolaan dan pengurangan penggunaan sampah plastik untuk industri.

Peringatan hari sampah nasional ini mengangkat tema "Memaknai Hari Peduli Sampah Nasional dengan Kerja Nyata"

Disamping itu, dilakukan pula deklarasi kampanye peduli sampah sekaligus penandatanganan komitmen bersama untuk peduli dengan lingkungan yang bersih dan sehat menuju sulbar yang Mapaccing.

(wati)

BERITA LAINNYA

MAMUJU 5910368159344447876

Komentar Anda

emo-but-icon

VIRAL MINGGU INI

item