Amankan Pemilu, Polda Sulbar Kembali Gelar Rakor


Mamuju, FMS - Menjelang puncak pemilu 2019 dalam hal ini Pileg dan Pilpres, Kepolisian Daerah Sulawesi Barat menggelar rapat koordinasi (Rakor) bersama TNI/POLRI, KPU dan Bawaslu, Jumat (8/3/2019) di Aula Arya Guna Mapolda Jl. Aiptu Nurman Kalubibing, Mamunyu, Kabupayen Mamuju.

Rapat koordinasi ini mengangkat tema "Dengan arapat Koordinasi Kita Tingkatkan Sinergitas untuk Mengamankan Pemilu yang Aman, Damai dan Sejuk"

Dalam pelaksanaannya, rapat koordinasi ini dihadiri langsung Gubernur Sulbar (diwakili), Kapolda Sulbar, Danrem 142 Tatag, Kabinda, KA BNN, Ketua KPU, Ketua Bawaslu Provinsi, para PJU Polda Sulbar, Kepala perwakilan kementrian pertanahan RI Sulbar, Komandan pangkalan TNI AU, Komandan Pos TNI AU, para Kapolres Jajaran dan seluruh tamu undangan lainnya.

Kapolda Sulbar, Brigjen Pol Drs. Baharudin Djafar, M.Si dalam sambutannya mengatakan, rakor ini telah dilaksanakan sebelumnya ditempat yang sama tepatnya tanggal 18 September 2018 lalu. Untuk itu, diharapkan dalam kegiatan kali ini akan menginformasi tentang kesiapan penyelenggaraan pemilu 2019 dari pihak KPU maupun Bawaslu.

"Dari pihak KPU kami harapkan informasi mulai dari kesiapan pemilihan yang telah di plenokan termasuk daftar pemilih tambahan, ada tidaknya tambahan TPS, pencetakan kertas suara dan pendistribusiannya sampai ketingkat PPS serta jadwal kampanye terbuka," kata Kapolda.

"Begitu juga dengan Bawaslu yang tergabung dalam gakkumdu, kami mengharapkan kesiapannya untuk menyelesaikan semua pelanggaran, sengketa maupun tindak pidana pemilu yang terjadi dengan tuntas dan seadil-adilnya sehingga kedepannya tindak menjadi komplain," tambah Kapolda.

Dengan adanya kesiapan dari penyelenggara baik KPU maupun Bawaslu, tentu harus dibarengi dengan kesiapan pengamanan dari Polri, dalam hal Polda Sulbar dan jajarannya yang nantinya akan diback up oleh TNI dari Korem 142 Tatag dan jajarannya.

Hari pemungutan suara pada tanggal 17 April 2019, tinggal 41 hari dari sekarang dan merupakan waktu yang sangat singkat.

"Kampanye terbuka akan dimulai tanggal 23 Maret - 13 April 2019, sehingga dibutuhkan keseriusan dan kerja keras dari kita semua untuk mensukseskan pesta demokrasi pemilu 2019 dalam memilih calon pemimpin bangsa yang diharapkan mampu mewujudkan cita-cita bangsa sebagai mana tertuang dalam pembukaan UUD 1945," harap Kapolda.

Dalam rapat koordinasi ini, semua harus bersinergi untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat sesuai dengan bidang tugas masing-masing.

"Kita yakin, apabila hanya Polri yang bekerja sendiri hasilnya akan kurang maksimal, namun bila semua komponen bangsa bersinergi dengan Polri, maka hasilnya akan jauh lebih baik," harap Kapolda.

Senada dengan sambutan Kapolda Sulbar, Gubernur Sulbar diwakili oleh Aisten I Pembangunan M. Natsir, mengatakan, sinergitas seluruh elemen memang harus dibangun agar penyelenggaraan pemilu bisa berjalan dengan aman, damai dan sejuk.

Usai sambutan, selanjutnya Karoops Polda Sulbar Kombes Pol Moch. Noor Subchan, SIK, kasi Ops Korem 142 Tatag, Ketua KPU, Ketua Bawaslu, Kabinda dan Danrem 142 Tatag masing-masing memaparkan kesiapannya dalan mendukung penyelenggaraan Pemilu 2019 yang aman, damai dan sejuk.

(Ani)

BERITA LAINNYA

MAMUJU 6062007193744143302

Komentar Anda

emo-but-icon

VIRAL MINGGU INI

item