Banjir Bandang Landa Mamuju, Habsi Minta Korban Segera Didata

Bupati Mamuju, H. Habsi Wahid

Mamuju, FMS - Luapan air sungai dan laut disertai air dari bukit, Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat, membuat Kelurahan Bebanga, Kecamatan Kalukku, Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat, dilanda banjir bandang, Kamis (28/2/2019), malam.

"Saat kejadian hujan begitu deras. Namun tiba-tiba air dari bukit meluap dan terjadi banjir bandang. Air bah yang membawa material batang kayu dan pohon besar, membuat 10 rumah warga hanyut dan ratusan rumah warga rusak berat," kata Jamal, warga setempat, Jumat (1/3/2019).

Jamal yang membantu warga terdampak banjir mengatakan, ratusan rumah rusak dan hingga kini warga diungsikan ke rumah warga lainnya. Hingga kini mereka masih membantu warga mencari barang-barang yang hilang, karena terdampak banjir.

Pemerintah Kabupaten Mamuju pun bergerak cepat dengan menurunkan tim penanggulangan bencana serta para OPD terkait.

Salah satu rumah yang terdampak banjir bandang

Bupati Mamuju, H. Habsi Wahid yang berada di Jakarta, melalui sambungan selulernya memerintahkan kepada semua OPD terkait agar segera bergerak cepat membantu para korban yang terdampak banjir bandang.

Bupati juga meminta agar para korban yang terdampak banjir segera didata dan selanjutnya akan diberikan bantuan, termasuk kerusakan pada pemukiman warga.

"Tim telah kita turunkan, yakni dari BPBD, Dinas Sosial dan PU. Tim ini dipimpin oleh Sekda H. Suaib. Saya juga agar korban didata beserta kerusakan pemukiman warga," jelas Habsi, Jumat (1/3/2019).

Habsi mengatakan, peristiwa banjir ini adalah murni bencana. Habsi juga meminta kepada masyarakat agar tetap waspada dan bersabar menghadapi ujian ini.

"Saya minta masyarakat tetap waspada dan bersabar, ini adalah murni bencana alam," ucap Habsi.

Habsi menjelaskan, banjir ini akibat debit air yang sangat tinggi, pertemuan pasang air laut dengan sungai yang meluap akibat hujan deras yang menguyur Kabupaten Mamuju tadi malam.

Habsi juga meminta agar posko kesehatan segera dibangun di lokasi yang terdampak banjir.

Sementara, Camat Kalukku, Syarifuddin, mengatakan, banjir bandang yang melanda Kelurahan Bebanga, merembet ke sejumlah wilayah di Kecamatan Kalukku, Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat.

Banjir lumpur tersebut merendam permukiman dan lahan pertanian.

"Untuk data sementara, kita belum bisa pastikan berapa yang terdampak banjir bandang," tuturnya.

Salah satu sekolah yang terdampak banjir bandang

Dia mengatakan, selain pemukiman warga yang terdampak banjir bandang, dua sekolah juga ikut terdampak, yaitu SD Kampung Baru dan SMP 2 Kalukku, termasuk Puskesmas Tampa Padang.

"Kedua sekolah itu, kita minta agar siswanya diliburkan sementara dan para dokter dan perawat kita juga minta agar segera buat posko untuk memeriksa korban banjir," pungkasnya.

BPBD dibantu TNI, Polri, Basarnas, SKPD, relawan dan masyarakat telah mengevakuasi warga yang rumahnya hanyut ke tempat saudara terdekat.

(wati)

BERITA LAINNYA

MAMUJU 8658673108534746610

Komentar Anda

emo-but-icon

VIRAL MINGGU INI

item