Ekonomi Sulbar Tumbuh 6,23 Persen

Foto Kominfo Sulbar

Mamuju, FMS - Perkembangan ekonomi Sulbar terus menunjukkan peningkatan, terlihat pada 2018 tumbuh sebesar 6,23 persen, lebih tinggi jika dibandingkan dengan pertumbuhan ekonomi nasional sebesar 5,15 persen dari total Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Sulbar 2017 yang mencapai 43, 54 triliun.

Hal tersebut diungkapkan, Gubernur Sulbar Ali Baal Masdar, saat membuka acara Rapat Koordinasi Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) Sulbar, di ruang pertemuan lantai 2 Kantor Gubernur Sulbar, Kamis 14 Maret 2019.

"Pencapaian kinerja pertumbuhan ekonomi Sulbar ini, tentu saja merupakan hasil kontribusi dari berbagai pihak, termasuk peran lembaga jasa keuangan dalam pembiayaan perekonomian daerah, dimana sektor jasa keuangan di Sulbar menjadi salah satu pendukung utama dalam mendorong pertumbuhan ekonomi yang positif," kata Ali Baal.

Walaupun demikian, sambung Ali Baal, Sulbar memiliki potensi yang selama ini belum tergarap secara maksimal, utamanya pada sektor unggulan daerah seperti pertanian dan perikanan.

 "Ini merupakan sektor strategis daerah penyumbang PDRB terbesar, namun masih belum optimal memperoleh akses pembiayaan bank. Saya yakin kendala yang  dihadapi selama ini dapat dicari solusinya, sehingga memberikan peluang lebih besar untuk memperoleh akses keuangan dari lembaga jasa keuangan," terang Ali Baal.

Masih kata Ali Baal, dukungan lembaga keuangan dalam membangun ekonomi, khususnya di sektor pertanian, perikanan dan perkebunan kepada kelompok Usaha Kecil Menengah (UKM), diharapakan dapat lebih ditingkatkan agar turut mendukung pertumbuhan ekonomi yang lebih berkualitas.

Untuk itu, Ia menyambut baik kerja sama antara seluruh pemangku kepentingan terkait dan berharap Pemkab se-Sulbar juga segera membentuk TPAKD dan mempercepat peningkatan akses keuangan masyarakat, serta pelaku usaha di Sulbar.

"Saya berharap melalui TPAKD baik provinsi, maupun kabupaten dan seluruh pemangku kepentingan terkait, dapat bersinergi dalam membuka akses keuangan yang lebih besar kepada masyarakat, terutama pelaku usaha di sektor potensial" ucap Ali Baal.

Melalui kesempatan itu, Gubernur menyatakan  Pemprov Sulbar berkomitmen mendukung program industri jasa keuangan dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Terkait operasional TPAKD dalam meningkatkan akses keuangan di daerah, mantan Bupati Polewali Mandar dua periode ini menegaskan, keberadaan TPAKD dapat efektif, berjalan dan produktif, jika ada alokasi dukungan APBD dari Pemda.

"Saya meminta Sekda selaku koordinator TPAKD, mengkoordinasikan alokasi anggaran yang memadai untuk kegiatan TPAKD ini di Sulbar ke depan" kata Ali Baal.

Foto Kominfo Sulbar

Sementara, Sekprov Sulbar, Muhammad Idris mengatakan, para pengurus  TPAKD secepatnya akan bekerja.

Terkait pembentukan TPAKD kabupaten, Idris mengaku  optimis tahun ini  TPAKD kabupaten yang ada di Sulbar bisa terbentuk 100 persen, mengingat jumlah kabupaten di provinsi ke 33 ini sedikit, jika dibandingkan Sulsel yang memiliki banyak kabupaten, namun sudah  memiliki kurang lebih 10 TPAKD.

"Keterlaluan jika tahun ini TPAKD kabupaten yang ada di Sulbar tidak 100 persen terbentuk, padahal Sulbar hanya terdiri enam kabupaten. Hitung-hitungan seperti  Inilah yang membuat saya yakin dan berani mengatakan tahun ini TPAKD kabupaten akan terbentuk 100 persen," tandas Idris.

Untuk itu, Idris  meminta agar pemda se-Sulbar memberi dukungan dengan mempercepat pembentukan TPAKD di daerah masing-masing.

Hadir dalam kegiatan itu, para pimpinan OPD lingkup Sulbar, Kepala Kantor OJK Regional VI Sulawesi, Maluku dan Papua Zulmi, perwakilan Pemda Se-Sulbar, serta undangan lainnya. (Advetorial)

(Wati)

Related

MAMUJU 7474545536137289302

Post a Comment

emo-but-icon

FOKUS METRO SULBAR

BERITA Populer Minggu Ini

item
close
Banner iklan disini