Genjot Partisipasi Pemilih, Begini Jawaban KPU Polman


Kegiatan KPU Polman Dalam Sosialisasi Pemilu 2019.

Polman, FMS - Partisipasi Pemilu menjadi barometer dalam menentukan sebuah negara demokratis atau tidak, dari hal ini memantik laman  Fokus Metro Sulbar melakukan perbincangan pendek melalui pesan WhatsApp dengan ketua KPU Polewali Mandar tepatnya Kamis (07/03/19).

Berikut wawancara singkat dengan Ketua KPU Polman Rudianto !

"Partisipasi pemilih tentu harus digenjot oleh KPU Polman. Lalu sejauh mana progres KPU Polman akan hal itu ?

"Untuk meningkatkan partisipasi pemilih kami sudah melakukan pendidikan pemilih dan sosialisasi Pemilu 2019 melalui Komisioner KPU Kabupaten yang terjun langsung ke kelompok - kelompok Masyarakat seperti Kelompok Penyandang disabilitas, Kelompok Perempuan, kelompok Pemilih Pemula, kelmpok Pemilih Muda, kelompok Pemilih Berkebutuhan Khusus, kelompok keagamaan, kelempok warga net, kelompok marginal. Selanjutnya sosialisasi dilakukan secara massif teman di tingkat PPK, jumlah PKK kami yakni 80 org yang tersebar di 16 kecamatan.

"Menyoal pemilih pemula,sejauh mana massifnya gerakan KPU Polman mengajak mereka untuk menggunakan hak pilihnya di 17 April 2019 mendatang ?

"Soal pemilih pemula yang hari ini maupun di hari Pemungutan Suara genap berusia 17 tahun atau orang baru pertama kali akan memilih di Pemilu ini,  kami gencar menyasar sekolah - sekolah SMA sederajat, termasuk pondok pesantren yang ada di wilayah Polewali Mandar. Sosialiasi di basis ini sudah gencar kami lakukan sejak awal Januari 2019, bahkan sebelum itu, kami mengunjungi sekolah SMA sederajat dan pesantren melakukan sosialiasi dalam bentuk ceramah, tanya jawab serta bentuk dialogis dan pembagian bahan sosialiasi".

"Relalawan demokrasi (Relasi) yang selama ini merupakan salah satu tulang punggung KPU dalam menggait pemilih Milenial,Khusus di Polman apakah cukup signifikan gerakannya dalam mensosialisasikan pemilu kali ini?

"Sosialisasi dilakukan secara massif teman di tingkat PPK, jumlah PKK kami yakni 80 orang tersebar di 16 kecamtan. Jajaran PPS sebanyak 501 orang yang berada di Desa atau kelurahan masing - masing juga melakukan sosialiasi yang massif bahkan sudah sampai ke dusun dan pulau terpencil, semisal pulau Battoa Kamatan Binuang, sosialisasi pemilu secara massif  juga dilakukan teman - teman relasi Kabupaten Polewali Mandar yang berjumlah 55 orang  terbagi ke dalam 10 basis sasaran sosialisasi.Segala metode sudah dilakukan mulai dari metode pertemuan tatap muka, door to door, pembacaan imbauan melalui tempat melalui masjid, kunjungan ke rumah ibadah, pembagian bahan sosialisasi dan live di stasion radio lokal. Jadi kami optimis melalui upaya ini,  target partisipasi pemilih untuk Kabupaten Polewali Mandar kami target 77,7 % itu dapat tercapai.

"Terakhir dari kami, Apakah ada Warga Negara Asing (WNA) yang terdaftar di DPT khusus wilayah Polman?

"Sampai saat ini kami tidak menemukan ada Warga Negara Asing (WNA) yang masuk ke dalam DPT  Kabupaten Polewali Mandar.

Diakhir wawancara singkat ini mengakhiri pertanyaan dengan ucapan terima kasih .

Terima kasih pak !

(Adi)




BERITA LAINNYA

POLMAN 4946668479537283024

Komentar Anda

emo-but-icon

VIRAL MINGGU INI

item