BPJS Ketenagakerjaan Mamasa Serahkan Piagam Paritrana Award Kepada UMKM Aldo Motor


MAMASA, FMS--Buah dari kepesertaan dalam program BPJS Ketenagakerjaan kini menghampiri salah satu Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Mamasa.

Adalah Aldo Motor, menjadi satu-satunya pelaku usaha di Provinsi Sulawesi Barat yang meraih penghargaan Paritrana Award 2019 kategori UMKM yang diselenggarakan oleh BPJS Ketenagakejaan.

Penetapan Aldo Motor sebagai pemenang setelah melewati tahapan seleksi yang ketat oleh juri profesional dari berbagai kalangan. 

Beberapa kriteria yang menjadi penilaian diantaranya pelaku usaha harus mendaftarkan dirinya dan seluruh tenaga kerjanya di BPJS Ketenagakerjaan beserta upah karyawan, serta rutin membayar iuran tiap bulan.

Penyerahan piagam Paritrana Award kepada Aldo Motor diserahkan langsung oleh Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Mamasa melalui Wakil Bupati Mamasa, Kamis (17/9). 

Selain piagam, kepada UMKM Aldo Motor juga diberikan uang pembinaan sebesar Rp. 30 juta yang ditransfer langsung ke rekening penerima.

Wakil Bupati Mamasa, Marthinus Tiranda usai penyerahan piagam mengatakan atas nama pemerintah daerah menyampaikan apresiasi kepada BPJS Ketenagakerjaan dan UMKM yang menerima penghargaan ini.

"Ini menjadi contoh positif bagi para pelaku UMKM agar mengikuti dan menyukseskan program pemerintah, jangan nanti butuh baru urus BPJS Ketenagakerjaan," katanya.

Ia menuturkan UMKM merupakan tulang punggung perekonomian di Mamasa karena belum banyaknya usaha berskala besar, sehingga kreatifitas dari pelaku usaha untuk berkembang sangat dibutuhkan. 

"Salah satunya dengan membangun komunikasi dengan semua pihak untuk mendapatkan dukungan, bukan hanya berupa materi langsung, tetapi jaminan keberlangsungan usaha dan kesejahteraan karyawan," tuturnya.

Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Mamasa, Andi Fajar mengatakan penganugerahan Paritrana Award merupakan bentuk apresiasi kepada pemerintah daerah dan pelakua usaha atas konstribusi terhadap program jaminan sosial ketenagakerjaan yang ada di BPJS Ketenagakerjaan.

"Selain berupa piagam, juga diberikan uang pembinaan yang telah dikirim ke rekening penerima. Dan segala biaya serta pajak yang ditimbulkan itu ditanggung oleh BPJS Ketenagakerjaan," katanya.

Ia berharap apa yang diraih oleh Bengkel Aldo menjadi stimulus yang mendorong para pelaku usaha yang lain agar menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan.

"Harapan kami agar semua pelaku usaha terdaftar dalam program jaminan sosial ketenagakerjaan," harapnya.

Ia menambahkan selain Paritrana Award, secara khusus di tengah pandemi Covid 19, BPJS Ketenagakerjaan menyalurkan program subsidi upah pagi pekerja dengan penghasilan dibawah Rp. 5 juta. 

Selain itu, BPJS Ketenagakerjaan juga memberikan stimulus kelonggaran pembayaran iuran hingga 99 persen untuk program jaminan kecelakaan kerja dan jaminan kematian.

Pemilik usaha Aldo Motor, Erik Elisa Rabay menyampaikan terima kasihnya atas penghargan Paritrana Award yang diterima.

Ia berharapa agar kedepan, BPJS Ketenagakerjaan terus mendukung para pelaku usaha kecil khususnya yang ada di Mamasa.

"Kami harap BPJS Ketenagakerjaan tetap mendukung usaha kecil dan mikro yang bergerak di Kebupaten Mamasa," ucapnya.

Aldo Motor merupakan UMKM yang terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan Mamasa sejak tahun 2015. Seluruh karyawannya diikutkan sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan. (Kedi)

Related

MAMASA 5384685377016466809

Post a Comment

emo-but-icon

FOKUS METRO SULBAR

BERITA Populer Minggu Ini

item