Banjir Lagi, Mamuju Jadi Langganan

Banjir Melanda Kota Mamuju (Foto: Awal) 

MAMUJU, FMS- Hujan deras yang mengguyur Mamuju hanya berlangsung beberapa jam, namun derasnya air hujan menyebabkan banjir di sebagian wilayah dalam kota. Banjir tersebut menutup jalan sehingga arus lalu lintas macet.

Seperti yang terlihat di Jl. Soekarno Hatta kota Mamuju, air menutupi badan jalan setinggi pusat orang dewasa. Banjir ini, selain karena tumpahan air hujan yang begitu deras, diperparah lagi dengan sistem drainase yang buruk. Saluran air yang sempit menyebabkan aliran air tersumbat. Sejumlah rumah warga pun digenangi air hujan.

Selain menutupi jalan, banjir juga menggenangi kantor pemerintah. Salah satunya yang dilanda banjir paling parah adalah kantor Badan Amil Zakat (BAZ) Kab Mamuju.

Kepala BAZ Mamuju, Arifin HP Dara yang ditemui wartawan di lokasi banjir mengaku, diri harus berjibaku melawan gempuran air untuk menyelamatkan arsip-arsip kantor.

"Setahun terakhir ini kalau hujan air selalu masuk dan menggenangi kantor. Kami selalu kewalahan," kata Arifin HP, Kamis (3/11).

Arifin berharap agar Dinas Tata Ruang dan Dinas PU Mamuju melakukan normalisasi got yang berada dibelakang kantornya.

"Iya harapannya supaya got-nya dikeruk sehingga air bisa mengalir lancar," harapnya.

Menanggapi hal itu, Sekretaris PU Mamuju, Ir. Salihi Saleh,mengatakan, selain karena drainase yang menyempit, daerah resapan air juga menjadi penyebab maraknya banjir di kota Mamuju.

"Tida ada daerah resapan air,ditambah lagi masyarakat membangun terus tanpa memperhatikan kondisi wilayah.
Iya karena itu masyarakat kita supaya material bangunannya jangan sampai menyumbat saluran air," katanya.(MA/Ha).


Related

MAMUJU 5486622175104702126

Post a Comment

emo-but-icon

FOKUS METRO SULBAR

BERITA Populer Minggu Ini

item
close
Banner iklan disini