Lomba Teater, Pelajar Cinta Budaya di Anjungan Pantai Manakarra

Mamuju, fokusmetrosulbar.com--Salah satu upaya memperkenalkan kebudayaan dan tradisi yang ada di Sulbar, Pemkab Mamuju menggelar festival teater kesenian yang diikuti para pelajar SMA dan sederajat.

Pergelaran kesenian ini sebagai rangkaian memeriahkan HUT Mamuju ke-477 dan pameran  Manakarra Fair yang dilaksanakan di Anjungan Pantai Manakarra.

Salah seorang peserta, Hasriadi dari sanggar Pembolongan, mengungkapkan, pada festival kali ini dirinya bersama kawan-kawannya tampil dengan mengangkat tema cerita nyata dari rakyat Mamuju. Kisah ini, kata dia, mengisahkan seorang gadis dari Balanipa yang meninggalkan kampung halamannya untuk menetap di Mamuju.

"Gadis dalam kisah ini sangat menjunjung tinggi adat istiadat," kata Hasriadi, Sabtu (15/7) malam.

Dikatakan, kisah tersebut mengajarkan banyak hal, diantaranya ialah agar kita selalu menjunjung tinggi nilai adat-istiadat, di manapun berada.

Apalagi kata dia, perkembangan zaman dewasa ini yang semakin canggih, tak jarang membuat generasi muda mulai melupakan kebudayaan mereka sendiri.

"Kita boleh berkarya apapun, tetapi jangan pernah melupakan sejarah dan kebudayaan kita," harap siswa SMK 1 Mamuju ini. (awl/har)

Related

MAMUJU 4092321834571568850

Post a Comment

emo-but-icon

FOKUS METRO SULBAR

BERITA Populer Minggu Ini

item
close
Banner iklan disini