Tak Memiliki Pagar, SMPN 2 Simboro Tiap Hari Bergelut Ternak Warga

Kepala sekolah SMPN 2 Simboro, Iksan, sedang mempeelrlihatkan kondisi pagar sekolahnya. (foto: Muh. Awal/fms)
Mamuju, fokusmetrosulbar.com --Karena tak memiliki pagar, sekolah SMPN 2 Simboro yang terletak di jalan Pettana Endeng Kelurahan Rangas Mamuju harus berjibaku dengan ternak milik warga setempat. Pasalnya, ternak milik warga dilepas secara bebas di sekitar sekolah tersebut.

Kepala sekolah SMPN 2 Simboro,Iksan mengatakan,
tak jarang ternak milik warga seperti sapi dan kambing masuk dalam area sekolah mereka. Hal ini dapat menganggu aktifitas pelajar.

"Akibatnya, tanaman yang ada dalam sekolah mati  karena dimakan oleh ternak milik warga," katanya.

Bukan hanya itu, kata Iksan, terkadang ternak masuk kedalam ruangan kelas hingga  mengotori. Banyak kotoran berserakan dilantai, sehingga siswa tidak dapat belajar karna terganggu bau dari kotoran hewan tersebut.

"Ini yang menjadi keluhan kami selama ini, warga lepas begitu saja tanpa dikandangkan sedangkan sekolah kami di sini belum memiliki pagar," ujarnya Rabu (4/9).

Sementara untuk anggaran dari dana Bantuan Operasi Sekolah (BOS) sangat terbatas apalagi sampai pembuatan pagar sekolah sepanjang 150 meter.

Maka itu, ia berharap kepada pemerintah kabupaten (Pemkab) Mamuju agar diusulkan untuk pembuatan pagar sekolah tempat ia pimpin.

Sekretaris Disdikpora Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mamuju Abd Syahid Pattoeng mengatakan ini akan menjadi perhatian serius pemerintah. Sekolah SMPN 2 Simboro kata dia, dapat segera memiliki pagar agar tak ada lagi ternak milik warga masuk dalam area sekolah dan juga keamanan siswa sekolah itu sendiri.

"Semoga tahun depan sudah dapat dianggarkan," harapnya (awl/har).

Related

#NASIONAL 8534552920523572618

Post a Comment

emo-but-icon

FOKUS METRO SULBAR

BERITA Populer Minggu Ini

item
close
Banner iklan disini