KPU Tetapkan Caleg DPRD Mamuju Terpilih


Mamuju, FMS - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Mamuju, secara resmi menetapkan perolehan kursi dan calon legislator terpilih hasil Pemilu 2019 melalui Rapat Pleno Terbuka, yang dilaksanakan di Grand Maleo Hotel, Jalan Yos Sudarso, Mamuju, Sulawesi Barat, Senin (22/7/2019) malam.

Ada 30 legislator terpilih yang akan segera dilantik untuk periode 2019-2024.

Ketua KPU Mamuju, Hamdan Dangkang menjelaskan, setelah penetapan, KPU akan segera berkoordinasi dengan Bupati Mamuju untuk segera dilakukan pelantikan

"Dari hasil penetapan ini nantinya kami akan teruskan ke Bupati Mamuju untuk kemudian ditindaklanjuti dengan pembuatan SK, dan selanjutnya diteruskan ke Gubernur Sulbar untuk diagendakan pelantikannya," jelasnya.

Hamdan menambahkan, untuk pelantikan anggota DPRD terpilih bukan lagi menjadi tugas KPU tapi pemerintah daerah.

Selanjutnya, KPU memiliki waktu tujuh hari untuk menyerahkan konsideran penetapan ke pihak Pemerintah Daerah sesuai dengan ketentuan PKPU.

Pada Pemilu 2019 kemarin, Partai Nasdem melaju dengan 9 perolehan jumlah kursi. Hasil ini sangat signifikan jika dibandingkan pada pemilu sebelumnya yang hanya memperoleh 1 kursi.

Menanggapi hal itu, Ketua DPC Nasdem Mamuju, Abdul Malik Ballako mengungkapkan bahwa hasil yang dicapai berkat kerja keras semua kader NasDem termasuk para simpatisan.

"Sangat bersyukur NasDem memperolah 9 kursi, ini semua hasil kerja keras bersama," bebernya.

Malik menambahkan, kader NasDem yang terpilih tentunya tidak akan menyia-nyiakan amanat rakyat dengan tugas dan fungsinya di DPRD sebagai wakil rakyat.

Sementara itu, Partai Demokrat pada Pemilu 2018 lalu meraih 8 kursi, kini hanya memperoleh 4 kursi.

Menanggapi perolehan tersebut legislator Partai Demokrat Mamuju, Febrianto Wijaya menilai bahwa yang demikian itu wajar dalam sebuah demokrasi.

"Begitulah demokrasi, kadang hasilnya kita diatas, kadang juga dibawah, yang terpenting adalah saling merangkul antar sesama. Sikap Demokrat tetap sama, apabila sebuah kebijakan pro kepada rakyat akan kami dukung, namun apabila tidak pro kepada rakyat maka kami akan lawan," aku Febrianto Wijaya.

Secara garis besar, hasil perolehan jumlah kursi di DPRD Mamuju pada Pemilu 2019 lalu tercakup untuk Partai Nasdem memperolah 9 kursi, Demokrat 4 Kursi, Hanura 4 Kursi, PAN 3 Kursi, Gerindra 3 Kursi, Golkar 2 Kursi, serta PDI Perjuangan, PBB, Perindo, PKS dan PBB masing-masing memperoleh 1 kursi.

Perlu diketahui, dari 30 legislatir terpilih, 15 legislator masih incumbent, diantaranya,

1. Sugianto (Golkar)
2. Suhartono (Golkar)
3. Masram Jaya (PAN)
4. M. Imran AB (PAN)
5. Asdar (PKS)
6. Ado Mas’ud (PDIP)
7. Muhammad Reza (Gerindra)
8. Andi Dodi Hermawan (Hanura)
9. Abdul Malik Ballako (Nasdem)
10. Ramliati S Malio (Demokrat)
11.  Mahyuddin (Demokrat)
12. Febrianto Wijaya (Demokrat)
13. Syamsuddin Hatta (Demokrat)
14. Yani Baharuddin (Nasdem)
15.  Dahlan (Nasdem)

Berikut 30 anggota DPRD Mamuju terpilih hasil Pemilu 2019:

Mamuju I:
Muhammad Reza (Gerindra), H Sugianto (Golkar), Azwar Anshari Habsi (NasDem), Windi Putra Philips (NasDem), Safriansyah Eko Setiawan (PAN), A Zulfahmi Hermawan (Hanura), Febrianto Wijaya (Demokrat).

Mamuju II:
Sugianto (Gerindra), Yany Baharuddin (NasDem), Abd Malik Ballako (NasDem), Masramjaya (PAN), H Muhdar (Hanura), H Mahyuddin (Demokrat), Nazaruddin Akhmad (PBB).

Mamuju III:
Suhartono (Golkar), H Yudiaman Firusdi (NasDem), Hapsah Wahid (NasDem), Ariani (NasDem), Asdar (PKS), Mervie Parasan (Hanura), Syamsuddin H (Demokrat).

Mamuju IV:
Muhammad Fadli (Gerindra), Ado Mas'ud (PDIP), Muh Fadli (NasDem), Dahlan (NasDem), Ferly Sepponanna (Perindo), Idrus Arifin (PPP), M Imran AB (PAN), H Andi Dody Hermawan (Hanura), Ramilati S.M (Demokrat).

(Wati)

BERITA LAINNYA

MAMUJU 6044582193746300493

Komentar Anda

emo-but-icon

VIRAL MINGGU INI

item