Potensi Cuaca Ekstrem, BPBD Warning Warga Mateng

Kepala BPBD Mateng Rahmat Syam

MATENG, FMS-- Kepala Badan Penanggulagan Bencana Daerah (BPBD) Mamuju Tengah (Mateng) Rahmat Syam, mengimbau warga untuk tetap waspada bencana angin puting beliung

Kata dia, puting beliung biasanya terjadi saat pergantian musim. Sebab itu warga pesisir dan pegunungan diminta selalu waspada.

"Saat ini terjadi perubahan iklim yang diperkirakan hingga Januari 2020. Olehnya warga harus waspada," pintanya, Jumat (22/11)

Menurut Rahmat, perubahan cuaca biasanya menimbulkan puting beliung. Itu bisa terjadi kapan dan dimana saja. "Sebab itu kami minta warga segera mencari tempat aman dan meninggalkan rumah yang dianggap tidak kokoh lagi," ujarnya.

Ia menjelaskan, cuaca ekstrem diperkirakan Januari mendatang. Meskipun titik bencana tidak dapat diprediksi, namun seluruh warga harus tetap waspada. "Semua ini bergantung tingginya kelembaban suhu. Lebih parah lagi jika angin terjadi bersamaan hujan," ungkapnya.

Ia mencontoh badai angin yang terjadi di Desa Batuparigi Kecamatan Tobadak Kamis sore (21/11/2019). Bencana tersebut mengakibatkan 18 rumah warga rusak. Kendati dirinya tidak berada di Mateng saat kejadian, namun pihaknya langsung terjun ke lokasi bencana.

"Saat kejadian, saya mengikuti pertemuan di Provinsi Sulbar. Setelah menerima laporan TRC langsung dikerahkan ke titik bencana," jelasnya. (jml/riz)



Related

MATENG 947826748366981429

Post a Comment

emo-but-icon

FOKUS METRO SULBAR

BERITA Populer Minggu Ini

item
close
Banner iklan disini