Yahya: Di Mamasa Tak Ada Desa Siluman, Namun Desa Tak Memenuhi Syarat Kemungkinan Ada

Yahya Kepala Dinas PMD Mamasa.


Yahya: Di Mamasa Tak Ada Desa Siluman, Namun Desa Tak Memenuhi Syarat Kemungkinan Ada

Mamasa, FMS -  Desa Siluman yang kini menjadi issu nasional masih sangat ramai dibicarakan. Hampir semua pemerintah kabupaten se-Indonesia kini melakukan pengecekan terkait ada atau tidaknya Desa Siluman di wilayah masing-masing.

Tak terkecuali di Kabupaten Mamasa. Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa, Yahya mengatakan, untuk Mamasa tidak ditemukan adanya indikasi desa yang dimaksud.

"Kalau di Mamasa menurut saya itu tidak ada, karena dana desa yang dibayarkan berdasarkan surat keputusan Menteri Dalam Negeri, dan 168 desa yang ada di Mamasa semua ada nomor induk desanya," katanya saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (11/12).

Menurutnya, yang dimaksud dengan Desa Siluman merupakan desa yang tak memiliki warga namun ada secara administrasi.

"Jadi menurut saya desa yang fiktif di Mamasa memang tidak ada, namun desa yang tidak memenuhi syarat menjadi desa kemungkinan ada," jelasnya.

 Terkait evaluasi kedepannya terhadap desa yang tidak memenuhi syarat, Ia menjelaskan hal itu memungkinkan untuk dilakukan jika mengacu pada petunjuk Kementerian Dalam Negeri.

"Jadi petunjuknya bukan saja untuk pemekaran desa, tetapi memungkinkan juga dilakukan peleburan atau penggabungan bagi desa yang tidak memenuhi syarat," jelasnya.

Mengenai pemekaran desa, Yahya menambahkan ada sejumlah desa yang layak untuk dimekarkan, namun Ia enggan berkomentar banyak terkait hal itu karena bukan porsinya. "Untuk masalah itu jelasnya di bagian Pemerintahan Sekretariat Daerah, pihaknya hanya fokus untuk masalah pembangun di desa," tambahnya. (Kedi)

Related

MAMASA 8848510541161090551

Post a Comment

emo-but-icon

FOKUS METRO SULBAR

BERITA Populer Minggu Ini

item
close
Banner iklan disini