32 Desa di Sulbar Nikmati Layanan Internet


Mamuju, FMS -  Wakil Gubernur Sulbar Enny Angraeni Anwar meresmikan layanan internet desa di Aula Lantai IV Kantor Gubernur Sulbar. Senin (20/1).

Peresmian tersebut dihadiri langsung Direktur PT.  Indonesia Comnets Plus (ICON) Irwan Purwana.
Wagub pada kesempatan tersebut mengatakan bahwa saat ini  sudah berada dalam era milineal dimana informasi dengan mudah diakses melalui digital untuk kepentingan masyarakat lebih luas, mudah, cepat dan evisien.

Untuk mendukung tersebut telah mencanangkan program desa “Marasa” (mandiri, cerdas dan sehat).
“ Untuk membantu percepatan memberdayakan desa khususnya desa yang masuk dalam kategori sangat tertinggal,” kata Enny.

Menurutnya, program marasa sesuai dengan visi Provinsi Sulbar mewujudkan daerah Sulbar yang modern dan maju dari berbagai bidang. Dimana kata Enny  program Marasa merupakan komitmen Pemprov Sulbar untuk membantu desa dalam meningkatkan layanan internet desa.

Komitmen ini dibuktikan dengan tersambungnya jaringan internet melalui kabel optik di 32 desa yang tersebar di enam kabupaten seSulbar sebagai tahap awal yang dimulai tahun 2019.

 Ia berharap untuk memenuhi kebutuhan informasi di desa dengan menghubungkan dengan jaringan global, tujuannya  untuk mendorong percepatan peningkatan dan kemajuan  diberbagai sektor potensi yang dimiliki desa seperti hasilnya pertanian, pariwisata, perikanan dan potensi yang lainnya.

 ”Maka itu saya  berharap dengan adanya jaringan internet agar dimamfaatkan ke hal positip baik pemerintah desa maupun masyarakat,” harapnya.

Dikatakan  dengan terpasangnya akses jaringan internet di desa atas kerjasama pemerintah Sulbar melalui dinas Kominfo, Persandian dan Statistik Pemprov Sulbar yang bekerjasama dengan PT.ICON ,  berharap kepala desa dapat menjaga keberlangsungannya dan melanjutkan sewa penggunaan dan pengembangan kafasitas jaringan masa-masa akan datang. Dengan menggunakan sumber anggaran dana desa, sehingga koneksi internet terus berlanjut.

“Sehingga bisa memberikan masukan incam bagi desanya yang dapat dimamfaatkan warganya untuk memperoleh informasi,” harapnya.

 Kepala Dinas Kominfo, Persandian dan Statistik Sulbar Safaruddin Sanusi mengatakan bahwa 32 desa yang telah menikmati internet desa tersebar di enam kabupaten se Sulbar, meliputi Kabupaten Polewali Mandar yakni Desa Mosso, Katumbangan, Rappang Barat, Galung, Lombok, Tamajarra, Napo, Lekopaddis, dan Katimbang.

Kabupaten Majene Tameroddo, Lombang, Sambabo, Buttu Baruga dan Pamboborang. Kabupaten Mamasa Tondok Bakaru, Ralleanak, Balla Sateneteang, Minanga dan sendana. Kabupaten Mamuju Botteng Utara, Rantedoda, Lossa, Lebani dan Pamulukung.

Kabupaten Mamuju Tengah Lemo-lemo, Kambunong, Sinabatta, Sanjago dan Saloada. Kabupaten Pasangkayu  Balanti, Kaluku Nangka, Wulai dan Martasari.

Dikatakan pemberian layanan internet desa sebagai dasar hukum yakni peraturan Presiden RI Nomor 95 tahun 2018 dan peraturan gubernur Sulbar Nomor 42 tahun 2018 dan peraturan kepala dinas Komunikasi, Informatika, dan Persandian Sulbar  nomor 1405.00.01/SK/DKIP/VI/2019 tentang penetapan desa untuk pemasangan fasilitas akses internet desa melalui program marasa pemprov Sulbar.

“ Kita berharap tahun ini dapat terpasang tambahan tarikan baru sebanyak 20 desa yang tersebar di enam kabupaten se Sulbar.

Kemudian dilanjutkan penadantanagn MoU antara Pemprov Sulbar Enny Angraeni Anwar bersama Direktur PT. ICON,  Irwan Purwana. Dan video call Wagub Sulbar secara langsung desa yang telah menikmati layanan internet desa yakni Desa Saloadak Kabupaten Mateng dan Katimbang Kabupaten Polman. (Awal).

Related

MAMUJU 3647125156996283412

Post a Comment

emo-but-icon

FOKUS METRO SULBAR

BERITA Populer Minggu Ini

item