Antisipasi Covid-19 Petugas KKP Periksa Suhu Tubuh Penumpang di Pelabuhan Simboro

MAMUJU, FMS - Petugas dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Makassar, Sulawesi Selatan melakukan pemeriksaan suhu tubuh penumpang kapal Motor (KM) Laskar Pelangi yang baru sandar di Pelabuhan Simboro, Mamuju, Sulbar, Rabu (18/3).

Satu persatu petugas KKP memeriksa setiap penumpang kapal dengan menggunakan alat pendeteksi suhu tubuh. Karena di khawatirkan penumpang yang berasal dari Balikpapan, Kalimantan Timur tersebut terjangkit COVID-19.

Staf KKP Makassar, Irham men gatakan tujuan pemeriksaan ini untuk memastikan penumpang yang berasal Kalimantan betul-betul aman dan tidak tertular virus corona yang saat ini menakutkan di belahan dunia bahkan di Indonesia, karena dapat mematikan.

"Jadi kita lakukan pemeriksaan suhu tubuh penumpang mulai dari 35,6 hingga 36,6 derajat celcius, Alhamdulillah semuanya suhu tubuh penumpang normal," katanya.

Dikatakan jika nantinya ditemukan suhu tubuh penumpang melebihi 37 derajat celcius maka akan dirujuk ke Rumah Sakit Daerah (RSUD) Regional Sulbar untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut.

Dikatakan, bahwa pihaknya sudah berkoordinasi dengan pihak Angkutan Sungai, Danau dan Penyeberangan (ASDP) Pelabuhan Simboro, Mamuju  agar melakukan penyemprotan cairan disenfektan diarea pelabuhan dan menyediakan hand sanitizer.

"Baru hari ini kita dilakukan pemeriksaan di sini," katanya.

Ia juga mengimbau kepada masyarakat untuk senantiasa menjaga pola hidup sehat, dengan cara membiasakan cuci tangan menggunakan sabun. Hindari kontak langsung dengan manusia dan kurangi ke tempat keramaian.

"Hindari untuk keluar rumah sekarang karena kita tidak tahu penyebaran penyakit ini," ujarnya.

Yunus penumpang kapal mengatakan saat di pelabuhan di Balikpapan, Kalimantan Timur mereka tidak diperiksa suhu tubuhnya. Lain halnya saat tiba di pelabuhan Simboro, Mamuju setiap penumpang di periksa.

"Kalau kemarin di pelabuhan Balikpapan, Kaltim kita tidak diperiksa, nanti di Mamuju baru kita diperiksa," ujarnya.(Awal)

Related

MAMUJU 2946960996097249820

Post a Comment

emo-but-icon

FOKUS METRO SULBAR

BERITA Populer Minggu Ini

item
close
Banner iklan disini